PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS DISCOVERY LEARNING PADA MATA PELAJARAN BAHASA JEPANG UNTUK KELAS X DI SMA NEGERI 1 BLAHBATUH

Putu Ayu, Intan Galby Catriesya (2024) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS DISCOVERY LEARNING PADA MATA PELAJARAN BAHASA JEPANG UNTUK KELAS X DI SMA NEGERI 1 BLAHBATUH. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1815051072-COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (ABSTRAK)
1815051072-ABSTRAK.pdf

Download (164kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1815051072-BAB1 PENDAHULUAN.pdf

Download (166kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1815051072-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (223kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODE PENELITIAN)
1815051072-BAB 3 METODE PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1815051072-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1815051072-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (110kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1815051072-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (124kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1815051072-LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Discovery Learning pada mata pelajaran Bahasa Jepang untuk kelas X di SMA Negeri 1 Blahbatuh bertujuan untuk meningkatkan minat dan motivasi peserta didik dalam mempelajari Bahasa Jepang, khususnya pada topik Kyoushitsu (nama-nama benda di ruang kelas). Penelitian ini dilatarbelakangi oleh penurunan pemahaman siswa pada masa transisi dari pandemic ke masa new normal,yang menjadi faktor utama penurunan tersebut yaitu cara belajar yang hanya berpatokan pada buku, power point dan gambar, serta kurangnya media pembelajaran yang dapat menarik minat siswa terhadap materi Kyoushitsu. Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan Research and Development (R&D) mempergunakan model pengembangan ADDIE. Hasil uji validitas dari ahli materi, ahli media, serta uji efektivitas menunjukkan tingkat validitas berkategori "Sangat Tinggi". Selain itu, hasil uji respons peserta didik memperoleh skor 68,19 yang termasuk berkategori "Sangat Praktis", sementara hasil uji respons pendidik menunjukkan skor 41 yang juga berkategori "Sangat Praktis".

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Bahasa Jepang, Discovery Learning, ADDIE, Japanese, Discovery Learning, ADDIE
Subjects: L Education > L Education (General)
P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania
T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik dan Kejuruan > Jurusan Teknik Informatika > Program Studi Pendidikan Teknik Informatika (S1)
Depositing User: Putu Ayu Intan Galby Catriesya
Date Deposited: 30 Oct 2024 00:04
Last Modified: 30 Oct 2024 00:04
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/22329

Actions (login required)

View Item View Item