Putu Ayu, Intan Galby Catriesya (2024) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS DISCOVERY LEARNING PADA MATA PELAJARAN BAHASA JEPANG UNTUK KELAS X DI SMA NEGERI 1 BLAHBATUH. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1815051072-COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text (ABSTRAK)
1815051072-ABSTRAK.pdf Download (164kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1815051072-BAB1 PENDAHULUAN.pdf Download (166kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1815051072-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (223kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODE PENELITIAN)
1815051072-BAB 3 METODE PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1815051072-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1815051072-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (110kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1815051072-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (124kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1815051072-LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (5MB) | Request a copy |
Abstract
Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Discovery Learning pada mata pelajaran Bahasa Jepang untuk kelas X di SMA Negeri 1 Blahbatuh bertujuan untuk meningkatkan minat dan motivasi peserta didik dalam mempelajari Bahasa Jepang, khususnya pada topik Kyoushitsu (nama-nama benda di ruang kelas). Penelitian ini dilatarbelakangi oleh penurunan pemahaman siswa pada masa transisi dari pandemic ke masa new normal,yang menjadi faktor utama penurunan tersebut yaitu cara belajar yang hanya berpatokan pada buku, power point dan gambar, serta kurangnya media pembelajaran yang dapat menarik minat siswa terhadap materi Kyoushitsu. Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan Research and Development (R&D) mempergunakan model pengembangan ADDIE. Hasil uji validitas dari ahli materi, ahli media, serta uji efektivitas menunjukkan tingkat validitas berkategori "Sangat Tinggi". Selain itu, hasil uji respons peserta didik memperoleh skor 68,19 yang termasuk berkategori "Sangat Praktis", sementara hasil uji respons pendidik menunjukkan skor 41 yang juga berkategori "Sangat Praktis".
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Bahasa Jepang, Discovery Learning, ADDIE, Japanese, Discovery Learning, ADDIE |
Subjects: | L Education > L Education (General) P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) |
Divisions: | Fakultas Teknik dan Kejuruan > Jurusan Teknik Informatika > Program Studi Pendidikan Teknik Informatika (S1) |
Depositing User: | Putu Ayu Intan Galby Catriesya |
Date Deposited: | 30 Oct 2024 00:04 |
Last Modified: | 30 Oct 2024 00:04 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/22329 |
Actions (login required)
View Item |