PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN FLIPPED CLASSROOM DAN MEDIA E-KOMIK BERORIENTASI KEARIFAN LOKAL SASAK (E-KODISA) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF DAN RETENSI PESERTA DIDIK PADA SDN GUGUS 2 CAKRANEGARA

Ermiana, Ida (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN FLIPPED CLASSROOM DAN MEDIA E-KOMIK BERORIENTASI KEARIFAN LOKAL SASAK (E-KODISA) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF DAN RETENSI PESERTA DIDIK PADA SDN GUGUS 2 CAKRANEGARA. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (2139011024-COVER)
2139011024-Cover.pdf

Download (652kB)
[img] Text (2139011024-ABSTRAK)
2139011024-Abstrak.pdf

Download (251kB)
[img] Text (2139011024-BAB 1 PENDAHULUAN)
2139011024-Bab 1 Pendahuluan.pdf

Download (311kB)
[img] Text (2139011024-BAB 2 KAJIAN TEORI)
2139011024-Bab 2 Kajian Teori.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (873kB) | Request a copy
[img] Text (2139011024-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2139011024-Bab 3 Metodelogi Penelitian.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (743kB) | Request a copy
[img] Text (2139011024-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2139011024-Bab 4 Hasil dan Pembahasan.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (2139011024-BAB 5 PENUTUP)
2139011024-Bab 5 Penutup.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (254kB) | Request a copy
[img] Text (2139011024-DAFTAR PUSTAKA)
2139011024-Daftar Pustaka.pdf

Download (531kB)
[img] Text (2139011024-LAMPIRAN)
2139011024-Lampiran.pdf

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi kemampuan berpikir kreatif peserta didik yang paling rendah dibandingkan dengan kemampuan berpikir lainnya, penggunaan model pembelajaran yang tidak sesuai sintaks, pemanfaatan media pembelajaran yang kurang bervariasi dan retensi peserta didik masih kurang. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh model pembelajaran flipped classroom dan media e-komik berorientasi kearifan lokal Sasak (e-kodisa) terhadap kemampuan berpikir kreatif dan retensi peserta didik pada SDN Gugus 2 Cakranegara. Jenis penelitian quasi-experimental dengan desain multiple treatments and control with pretest. Metode pengumpulan data menggunakan tes, analisis data adalah mancova dua jalur. Pengolahan data menggunakan software SPSS versi 25. Populasi penelitian 6 kelas dan sampel 4 kelas. Sampel penelitian dengan teknik Cluster random sampling. Hasil penelitian menunjukkan hasil multivariate test diperoleh nilai sig. sebesar 0,042 (< 0,05) artinya ada perbedaan pengaruh secara signifikan antara model pembelajaran dan media pembelajaran terhadap kemampuan berpikir kreatif dan retensi peserta didik secara bersama sama setelah mengontrol kemampuan awal peserta didik. Kemampuan berpikir kreatif dan retensi yang menggunakan model flipped classroom lebih tinggi dibandingkan dengan model direct instruction. Kemampuan berpikir kreatif dan retensi yang menggunakan media e-komik berorientasi kearifan lokal Sasak (e-kodisa) lebih baik dibandingkan dengan yang menggunakan media visual PPT.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Flipped Classroom, Direct Instruction, E-Komik, Kearifan Lokal Sasak, Visual PPT, Berpikir Kreatif, Retensi
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Pascasarjana > Program Studi Ilmu Pendidikan (S3)
Depositing User: IDA ERMIANA
Date Deposited: 13 Nov 2024 02:29
Last Modified: 13 Nov 2024 02:29
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/22399

Actions (login required)

View Item View Item