Karo, Hemi Sari Br (2024) DAMPAK FENOMENA CULTURE SHOCK TERHADAP ADAPTASI SOSIAL-BUDAYA PADA MAHASISWA PERANTAU DI UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA DAN POTENSINYA SEBAGAI SUMBER BELAJAR SOSIOLOGI DI SMA (STUDI KASUS PADA MAHASISWA PERANTAU BATAK DAIRI). Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
2014091015-COVER.pdf Download (2MB) |
|
Text (ABSTRAK)
2014091015-ABSTRAK.pdf Download (165kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2014091015-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (240kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2014091015-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2014091015-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (194kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2014091015-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (5MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
2014091015-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (102kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2014091015-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (237kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
2014091015-LAMPIRAN.pdf Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui mengapa fenomena culture shock pada mahasiswa perantau terjadi, dampak yang dialami oleh ikatan mahasiswa Batak dalam menghadapi culture shock, adaptasi sosial budaya mahasiswa Batak yang dapat dijadikan sebagai sumber belajar Sosiologi di SMA. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data berupa teknik pengumpulan data observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Model analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis data milik Miles dan Huberman yang terdiri dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, verifikasi data penarikan. Teknik pengecekan keabsahan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah triangulasi sumber sama triangulasi metode. Adapun dari hasil penelitian ini berfokus pada penyebab terjadinya culture shock yang terjadi pada mahasiswa perantau terutama mahasiswa Batak dalam beradaptasi yang disebabkan oleh dua faktor yaitu faktor internal dan faktor eksternal, dampak dari culture shock ini menyebabkan dua implikasi yaitu positif dan negatif. Sementara dampak negatifnya stress dan kecemasan serta kesepian dan isolasi sosial. Serta aspek – aspek sumber belajar dapat disesuaikan dengan Kurikulum K13 yaitu materi perubahan sosial.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Gegar Budaya, Perubahan Sosial, Sumber Belajar, Sosiologi |
Subjects: | H Social Sciences > HM Sociology L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Hukum dan Ilmu Sosial > Jurusan Sejarah Sosiologi dan Perpustakaan > Program Studi Pendidikan Sosiologi (S1) |
Depositing User: | Hemi Sari Br Karo |
Date Deposited: | 18 Nov 2024 04:22 |
Last Modified: | 18 Nov 2024 04:22 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/22427 |
Actions (login required)
View Item |