PENGEMBANGAN GAME PENDIDIKAN RUN THROUGH TIME TENTANG AKTIVITAS MANUSIA DI ZAMAN PRA-AKSARA

Loro, James Pieter (2024) PENGEMBANGAN GAME PENDIDIKAN RUN THROUGH TIME TENTANG AKTIVITAS MANUSIA DI ZAMAN PRA-AKSARA. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
2015051043-COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text (ABSTRAK)
2015051043-ABSTRAK.pdf

Download (1MB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2015051043-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2015051043-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2015051043-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2015051043-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2015051043-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2015051043-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2015051043-LAMPIRAN.pdf

Download (3MB)

Abstract

PENGEMBANGAN GAME PENDIDIKAN RUN THROUGH TIME TENTANG AKTIVITAS MANUSIA DI ZAMAN PRA-AKSARA Oleh James Pieter Loro, NIM 2015051043 Program Studi Pendidikan Teknik Informatika Jurusan Teknik dan Kejuruan Fakultas Teknik dan Kejuruan Universitas Pendidikan Ganesha Email: jamesloro12012002@gmail.com ABSTRAK Penelitian ini mengembangkan game edukasi sejarah pra-aksara untuk siswa kelas 7 di SMPN 1 Singaraja, bertujuan meningkatkan minat dan pemahaman siswa yang kurang terlibat dengan metode pembelajaran konvensional. Game ini dikembangkan menggunakan metode Game Development Life Cycle (GDLC) melalui enam tahap: inisiasi, pra-produksi, produksi, pengujian, beta, dan rilis. Software yang digunakan meliputi Blender 3D, Figma, Adobe Photoshop, dan Unity. Hasil uji coba menunjukkan kinerja game sesuai rencana, dengan uji blackbox memuaskan dan persentase kelayakan dari ahli media dan isi sebesar 97,5%, serta uji pengguna sebesar 91,33%, keduanya dikategorikan sangat layak. Responden juga menunjukkan tingkat kelayakan sebesar 93%, menunjukkan efektivitas game dalam meningkatkan minat belajar sejarah pra-aksara siswa. Kata Kunci : Media pembelajaran, Game pembelajaran, Sejarah Pra-Aksara. R&D

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Media pembelajaran, Game pembelajaran, Sejarah Pra-Aksara. R&D
Subjects: L Education > L Education (General)
T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknik dan Kejuruan > Jurusan Teknik Informatika > Program Studi Pendidikan Teknik Informatika (S1)
Depositing User: JAMES PIETER LORO
Date Deposited: 19 Nov 2024 03:00
Last Modified: 19 Nov 2024 03:00
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/22433

Actions (login required)

View Item View Item