Pengembangan Instrumen Tes untuk Mengukur Literasi Matematika Siswa Sekolah Dasar

Perangin-angin, Asisi Putriani Br (2024) Pengembangan Instrumen Tes untuk Mengukur Literasi Matematika Siswa Sekolah Dasar. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
2013011018-COVER.pdf

Download (838kB)
[img] Text (ABSTRAK)
2013011018-ABSTRAK.pdf

Download (379kB)
[img] Text (PENDAHULUAN)
2013011018-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (354kB)
[img] Text (KAJIAN TEORI)
2013011018-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (560kB) | Request a copy
[img] Text (METODELOGI PENELITIAN)
2013011018-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (535kB) | Request a copy
[img] Text (HASIL DAN PEMBAHASAN)
2013011018-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (PENUTUP)
2013011018-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (499kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2013011018-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (457kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2013011018-LAMPIRAN.pdf

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan instrumen tes literasi matematika bagi siswa Sekolah Dasar (SD), khususnya pada materi operasi bilangan cacah. Literasi matematika penting untuk membantu siswa berpikir logis, kritis, dan analitis dalam menghadapi permasalahan kehidupan sehari-hari. Namun, kemampuan literasi matematika siswa Indonesia masih berada di bawah rata-rata, sehingga diperlukan instrumen yang valid dan reliabel untuk mengukurnya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Research and Development (R&D) dengan model formative research. Instrumen yang dikembangkan diuji melalui tiga tahap: uji validitas isi dengan lima validator, uji one-to-one melibatkan sembilan siswa, serta uji kelompok kecil dengan 30 siswa. Tahap akhir berupa uji coba lapangan melibatkan 100 siswa kelas V SD di Kabupaten Buleleng. Hasil validitas menunjukkan nilai CVR sebesar 1 untuk semua butir soal, menunjukkan bahwa semua butir soal valid. Konsistensi internal butir soal memiliki koefiesien korelasi product moment berkisar antara 0,244 hingga 0,854 dan tergolong baik karena sudah melampaui r-tabel. Nilai reliabilitas untuk tiga paket soal berturut-turut adalah 0,86, 0,90, dan 0,88, yang termasuk dalam kategori sangat tinggi. Tingkat kesukaran soal berada pada kategori sedang, dengan kisaran nilai 0,22 hingga 0,64. Daya beda butir soal berada pada kategori baik hingga sangat baik, dengan kisaran 0,11 hingga 0,83. Hasil perhitungan peluang siswa menjawab benar menggunakan Partial Credit Model (PCM) dengan estimasi abilitas (θ=-4 sampai dengan 4) diperoleh peluang siswa menjawab benar berkisar antara 0,9 sampai dengan 1,0. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa instrumen sudah valid dan reliabel, sehingga dapat digunakan untuk mengukur kemampuan literasi matematika siswa Sekolah Dasar.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: literasi matematika1, instrumen tes2, validitas, reliabilitas3, daya beda4, tingkat kesukaran5.
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Matematika > Program Studi Pendidikan Matematika (S1)
Depositing User: Asisi Putriani Br Perangin-Angin
Date Deposited: 26 Nov 2024 05:46
Last Modified: 26 Nov 2024 05:46
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/22455

Actions (login required)

View Item View Item