YAWAN DIVTA PRAMANA, I KADEK (2024) PENGEMBANGAN GAME SEKAR (SEGEHAN, DAKSINA LAN UPAKARA) SEBAGAI PENGENALAN SARANA UPAKARA BALI UNTUK REMAJA. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
2015051093 - COVER.pdf Download (720kB) |
|
Text (ABSTRAK)
2015051093 - ABSTRAK.pdf Download (254kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2015051093 - BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (226kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2015051093 - BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (357kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2015051093 - BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2015051093 - BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
2015051093 - BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (204kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2015051093 - DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (241kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
2015051093 - LAMPIRAN.pdf Download (1MB) |
Abstract
Bali memiliki tradisi yang sangat kental, salah satunya tradisi Upakara. Namun, seiring berkembangnya zaman, tradisi tersebut semakin menurun terutama pada kalangan remaja. Untuk meningkatkan pengetahuan remaja terhadap tradisi upakara, khususnya daksina dan segehan dibutuhkan inovasi untuk menarik minat remaja salah satunya dengan bantuan media belajar menarik dan menyenangkan seperti game, yaitu SEKAR. Penelitian ini bertujuan (1) untuk menghasilkan produk pengembangan game SEKAR (SEGEHAN, DAKSINA LAN UPAKARA) sebagai pengenalan sarana upakara Bali untuk remaja. (2) untuk mengetahui respon pengguna terhadap game SEKAR (SEGEHAN, DAKSINA LAN UPAKARA) sebagai pengenalan sarana upakara Bali untuk remaja. Game dikembangkan dengan model RAD dan menggunakan metode SDLC (Software Development Life Cycle). Hasil penelitian ini adalah aplikasi game berbasis android. Hasil pengujian Ahli media memperoleh nilai 1.00 yang dikategorikan 'sangat tinggi'. Hasil uji ahli isi memperoleh nilai 1.00 yang juga dikategorikan 'sangat tinggi'. Respon pengguna terhadap game SEKAR masuk dalam rentang sangat baik. Pengembangan game ini juga mempertimbangkan penambahan sumber informasi dari buku dan ahli, serta pembuatan ilustrasi yang lebih baik untuk meningkatkan kualitas gambar dan audio agar lebih realistis dan menarik
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Game, SEKAR, Remaja, RAD |
Subjects: | L Education > L Education (General) T Technology > T Technology (General) |
Divisions: | Fakultas Teknik dan Kejuruan > Jurusan Teknik Informatika > Program Studi Pendidikan Teknik Informatika (S1) |
Depositing User: | I KADEK YAWAN DIVTA PRAMANA |
Date Deposited: | 26 Nov 2024 11:53 |
Last Modified: | 26 Nov 2024 11:53 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/22487 |
Actions (login required)
View Item |