PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN INTERAKTIF UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN SPASIAL PADA POKOK BAHASAN BANGUN RUANG SISI LENGKUNG

Antika, Komang Mei (2024) PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN INTERAKTIF UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN SPASIAL PADA POKOK BAHASAN BANGUN RUANG SISI LENGKUNG. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
2013011014-COVER.pdf

Download (575kB)
[img] Text (ABSTRAK)
2013011014-ABSTRAK.pdf

Download (302kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2013011014-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (307kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2013011014-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (335kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2013011014-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (619kB) | Request a copy
[img] Text (BABA 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2013011014-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (993kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2013011014-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (283kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2013011014-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (387kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2013011014-LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan video pembelajaran interaktif guna meningkatkan kemampuan spasial pada pokok bahasan bangun ruang sisi lengkung yang valid, praktis, dan efektif. Penelitian ini adalah jenis pengembangan Research & Development (R & D) dengan model ADDIE namun hanya dilakukan sampai tahap development. Subjek penelitian terdiri dari 25 siswa kelas VII-2 dan satu guru matematika SMP Laboratorium Undiksha Singaraja. Teknik pengumpulan data meliputi wawancara, dokumentası, angket, dan tes sedangkan teknik analisis data menggunakan analisis data kualitatif dan kuantitatif. Hasil validasi ahli materi dan ahli media menunjukkan bahwa video yang dikembangkan memenuhi kriteria sangat valid dengan rata-rata skor ahli materi 1 dan 2 sebesar 4,6 dan 4,8, ahli media 1 dan 2 sebesar 4,4 dan 4,6. Hasıl uji kepraktisan menunjukkan video tersebut memenuhi kriteria kepraktisan, secara terperinci hasil menunjukkan bahwa aspek kejelasan dan efisiensi mencapai rata-rata skor 1,78 dan 1,65 yang memenuhi kategori good atau praktis. Aspek daya tarik, ketepatan, stimulasi, dan kebaruan mencapai rata- rata skor 1,82, 1,85, 1,63, dan 1,88 yang memenuhi kategori excellent atau sangat praktis. Hasil uji efektivitas video pembelajaran interaktif ini memenuhi kriteria sangat efektif dengan skor N-Gain 0,78 sehingga video pembelajaran yang dikembangkan dinyatakan efektif dalam meningkatkan kemampuan spasial siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: video pembelajaran interaktif, kemampuan spasial, validitas, kepraktisan, keefektifan.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Matematika > Program Studi Pendidikan Matematika (S1)
Depositing User: Komang Mei Antika
Date Deposited: 28 Nov 2024 05:44
Last Modified: 28 Nov 2024 05:44
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/22498

Actions (login required)

View Item View Item