CAMPUR KODE BAHASA INDONESIA DAN BAHASA INGGRIS PADA TUTURAN SISWA SMP SWASTA NANYANG ZHI HUI MEDAN

Sinaga, Andira Emelita Br (2024) CAMPUR KODE BAHASA INDONESIA DAN BAHASA INGGRIS PADA TUTURAN SISWA SMP SWASTA NANYANG ZHI HUI MEDAN. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (2129011013-COVER)
2129011013-Cover.pdf

Download (776kB)
[img] Text (2129011013-ABSTRAK)
2129011013-Abstrak.pdf

Download (206kB)
[img] Text (2129011013-BAB 1 PENDAHULUAN)
2129011013-Bab 1 Pendahuluan.pdf

Download (460kB)
[img] Text (2129011013-BAB 2 KAJIAN TEORI)
2129011013-Bab 2 Kajian Teori.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (403kB) | Request a copy
[img] Text (2129011013-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2129011013-Bab 3 Metodelogi Penelitian.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (350kB) | Request a copy
[img] Text (2129011013-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2129011013-Bab 4 Hasil dan Pembahasan.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (580kB) | Request a copy
[img] Text (2129011013-BAB 5 PENUTUP)
2129011013-Bab 5 Penutup.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (322kB) | Request a copy
[img] Text (2129011013-DAFTAR PUSTAKA)
2129011013-Daftar Pustaka.pdf

Download (431kB)
[img] Text (2129011013-LAMPIRAN)
2129011013-Lampiran.pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini berjenis deskriptif kualitatif. Tujuan penelitian ini adalah (a) untuk mendeskripsikan bentuk-bentuk campur kode bahasa Indonesia dan bahasa Inggris pada tuturan siswa SMP Swasta Nanyang Zhi Hui Medan, (b) untuk mendeskripsikan jenis-jenis campur kode bahasa Indonesia dan bahasa Inggris pada tuturan siswa SMP Swasta Nanyang Zhi Hui Medan, dan (c) untuk mendeskripsikan faktor penyebab campur kode bahasa Indonesia dan bahasa Inggris pada tuturan siswa kelas SMP Swasta Nanyang Zhi Hui Medan. Penelitian ini dilakukan di SMP Swasta Nanyang Zhi Hui Medan. Data penelitian dikumpulkan dengan metode observasi, kuesioner, dan wawancara. Data dianalisis dengan metode analisis deskriptif kualitatif. Penelitian ini dilakukan kepada seluruh siswa SMP Swasta Nanyang Zhi Hui yang berjumlah 93 orang. Berdasarkan analisis, dapat disimpulkan bahwa (a) campur kode pada tuturan siswa SMP Swasta Nanyang Zhi Hui Medan terdiri atas bentuk kata (me, must, choir, scene, page, then, dan lainnya) dan frasa (multiple choice or essay, waiting room, the last, like this, all the photos, this photo, bad word, permanent marker, dan under one minute), (b) campur kode siswa SMP Nanyang Zhi Hui meliputi campur kode ke luar (outer code mixing) dan campur kode campuran (hybrid code mixing), dan (c) faktor penyebab terjadinya campur kode siswa SMP Swasta Nanyang Zhi Hui Medan adalah kebiasaaan penutur, latar belakang siswa, hadirnya orang ketiga, bahasa pertama bukan bahasa Indonesia, dan keterbatasan penggunaan kode. Dari sudut pandang sosiolinguistik, temuan ini dapat dianggap sebagai kontribusi baru terhadap kajian campur kode, khususnya dalam konteks masyarakat multibahasa di Indonesia. Biasanya kajian tentang campur kode pada etnis tertentu cenderung menunjukkan penggunaan bahasa daerah sebagai salah satu komponen utama dalam campur kode. Namun, dalam penelitian ini karena adanya larangan penggunaan bahasa daerah di lingkungan sekolah menciptakan situasi unik di mana bahasa Inggris mengambil peran dominan dalam campur kode, menggantikan posisi yang biasanya diisi oleh bahasa daerah.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Bentuk, Jenis, dan Penyebab Campur Kode, Tuturan Siswa
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Pascasarjana > Program Studi Pendidikan Bahasa (S2)
Depositing User: ANDIRA EMELITA BR SINAGA
Date Deposited: 10 Dec 2024 04:34
Last Modified: 10 Dec 2024 04:34
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/22559

Actions (login required)

View Item View Item