PENGEMBANGAN AUGMENTED REALITY PENGENALAN PERLENGKAPAN SEKOLAH DALAM PENERAPAN FLASHCARD DENGAN METODE PECS (PICTURE EXCHANGE COMMUNICATION SYSTEM) UNTUK ANAK AUTISME DI YAYASAN BALI PERMATA HATI

Santoso, Erlinda Shirleen (2025) PENGEMBANGAN AUGMENTED REALITY PENGENALAN PERLENGKAPAN SEKOLAH DALAM PENERAPAN FLASHCARD DENGAN METODE PECS (PICTURE EXCHANGE COMMUNICATION SYSTEM) UNTUK ANAK AUTISME DI YAYASAN BALI PERMATA HATI. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
2015051107-COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (ABSTRAK)
2015051107-ABSTRAK.pdf

Download (665kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2015051107-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (803kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN PUSTAKA)
2015051107-BAB 2 KAJIAN PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODOLOGI PENELITIAN)
2015051107-BAB 3 METODOLOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 PEMBAHASAN)
2015051107-BAB 4 PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2015051107-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (728kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2015051107-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (956kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2015051107-LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)

Abstract

Pengembangan Augmented Reality Pengenalan Perlengkapan Sekolah dalam Penerapan Flashcard dengan metode PECS (Picture Exchange Communication System) untuk Anak Autisme di Yayasan Bali Permata Hati merupakan sebuah media interaktif yang digunakan sebagai selingan terapi untuk mengembalikan minat dan fokus anak penyandang autisme. Flashcard konvensional yang digunakan pada saat ini minim dengan interaktifitas, sehingga anak autisme mudah bosan kemudian menjadi tantrum. Selain itu, flashcard konvensional juga mudah rusak dan hilang, sehingga perlu mencetak flashcard yang sama berula-ulang. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui rancang bangun, serta respon pengguna terhadap augmented reality yang telah dikembangkan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian R&D (Research and Development) dengan model Multimedia Development Life Cycle. Tahapan dalam model ini meliputi concept, design, material collecting, assembly, testing, dan distribution. Penelitian ini diawali dengan validasi data kepada psikolog di Yayasan Bali Permata Hati. Pada tahap pengujian, telah dilakukan Uji Balckbox serta Uji Ahli Isi dengan persentase hasil sebesar 100% yang dikategorikan sangat baik, Uji Ahli Media sebesar 100%, dan Uji Respon Pengguna mendapatkan persentase hasil sebesar 83,33% dengan kategori sangat positif dan 16,67% dengan kategori positif.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Augmented Reality, Autisme, Flashcard, PECS
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknik dan Kejuruan > Jurusan Teknik Informatika > Program Studi Pendidikan Teknik Informatika (S1)
Depositing User: Erlinda Shirleen Santoso
Date Deposited: 24 Dec 2024 06:15
Last Modified: 24 Dec 2024 06:15
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/22647

Actions (login required)

View Item View Item