Astuti, Ni Luh Emy (2025) Speech Disfluency and Gesture Production in Undergraduate Students' English-Speaking Confidence: Exploring Teaching Strategies for Enhancement. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
2229081002-COVER.pdf Download (824kB) |
|
Text (ABSTRAK)
2229081002-ABSTRACT.pdf Download (56kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2229081002-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (164kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2229081002-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (182kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODOLOGI PENELITIAN)
2229081002-BAB 3 METODOLOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (237kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2229081002-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (560kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
2229081002-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (60kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2229081002-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (225kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
2229081002-LAMPIRAN.pdf Download (94kB) |
Abstract
Ketidaklancaran tuturan merupakan salah satu jenis gangguan bicara yang mengganggu kelancaran bicara seseorang. Selain gangguan bicara, gerakan tubuh juga turut berperan dalam performa bicara. Ketidaklancaran tuturan tidak dapat dipisahkan dari faktor-faktor yang menyebabkannya dan solusi untuk mengatasi masalah tersebut. Oleh karena itu, tujuan dari penelitian ini adalah pertama-tama untuk mendeskripsikan ketidaklancaran tuturan yang dialami oleh mahasiswa S1 dengan tingkat kepercayaan diri yang berbeda-beda dalam kelas berbicara bahasa Inggris, kedua untuk mengetahui gerakan tubuh yang muncul dalam aktivitas berbicara bahasa Inggris di kalangan mahasiswa S1, ketiga untuk mengidentifikasi faktor-faktor yang memengaruhi kompetensi berbicara mahasiswa S1 dan keempat untuk mengeksplorasi jenis strategi pengajaran yang digunakan oleh dosen dalam menghadapi mahasiswa yang kurang percaya diri dalam berbicara. Penelitian ini dilakukan di Politeknik Negeri Bali dengan mahasiswa dan dosen sebagai partisipan dalam penelitian ini. Karena penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang bertujuan untuk mengumpulkan data tekstual, maka dilakukan observasi, kuesioner dan wawancara untuk mengumpulkan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sembilan belas mahasiswa mengalami filled pause dan enam belas mahasiswa mengalami silent pause. Terdapat sembilan mahasiswa yang mengalami repetition dan delapan belas mahasiswa mengalami repair. Tipe selanjutnya adalah lexical filler yang dialami oleh tujuh mahasiswa. Selanjutnya, total enam mahasiswa mengalami prolongation. Sementara itu, untuk gesture terdapat sembilan belas mahasiswa yang menghasilkan beat gesture, lima mahasiswa untuk iconic gesture, sebelas mahasiswa menghasilkan metaphoric gesture dan lima mahasiswa untuk deictic gesture. Selain itu, ditemukan tiga faktor yang mempengaruhi kemampuan berbicara siswa. Faktor kognitif ditemukan pada lima belas mahasiswa, tujuh belas mahasiswa dipengaruhi oleh faktor linguistik dan sebelas mahasiswa untuk faktor afektif. Untuk menciptakan lingkungan belajar mengajar yang inovatif, dosen tersebut menggabungkan metode mengajarnya yang menggunakan independent study, small-group discussion dan brainstorming.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata kunci: Ketidaklancaran tuturan, Gesture, Faktor-faktor yang mempengaruhi kemampuan berbicara, Strategi pengajaran |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education |
Divisions: | Pascasarjana > Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris (S2) |
Depositing User: | Ni Luh Emy Astuti |
Date Deposited: | 15 Jan 2025 09:36 |
Last Modified: | 15 Jan 2025 09:36 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/22734 |
Actions (login required)
View Item |