PENGARUH MOTIVASI DAN DUKUNGAN SOSIAL TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN IPS PADA PESERTA DIDIK KELAS VIII DI SMP NEGERI 2 SAWAN

ButarButar, Mesry Angelia (2025) PENGARUH MOTIVASI DAN DUKUNGAN SOSIAL TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN IPS PADA PESERTA DIDIK KELAS VIII DI SMP NEGERI 2 SAWAN. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
2017011087-COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (ABSTRAK)
2017011087-ABSTRAK.pdf

Download (164kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2017011087-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (178kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2017011087-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (345kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2017011087-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (400kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2017011087-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (490kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2017011087-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (119kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2017011087-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (178kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2017011087-LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh motivasi dan dukungan sosial terhadap hasil belajar mata pelajaran IPS pada peserta didik kelas VIII Di SMP Negeri 2 Sawan. Jenis penelitian ini yaitu kuantitatif kausal. Teknik pengambilan sempel menggunakan instrumen skala likert, sempel pada penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII SMP Negeri 2 Sawan dengan jumlah sempel yaitu 299 peserta didik. Data diperoleh dari wawancara, kuesioner, dan dokumentasi mengenai motivasi belajar dan dukungan sosial serta dari data dokumen hasil belajar IPS peserta didik kelas VIII SMP Negeri 2 Sawan. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu hasil wawancara, angket atau kuesioner dalam bentuk skala skor, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil analisis data disimpulkan bahwa: (1) motivasi belajar peserta didik dalam kategori baik dan sangat baik sebanyak 47,057 (2) dukungan sosial peserta didik dalam kategori baik dan sangat baik sebanyak 0,312% (3) Secara bersama-sama maupun terpisah motivasi belajar dan dukungan sosial berpengaruh terhadap hasil belajar. Maka dapat disimpulkan bahwa variabel motivasi (X1) memiliki pengaruh terhadap hasil belajar (Y). Nilai T positif menunjukkan bahwa variabel Motivasi (X) mempunyai pengaruh positif yang signifikan terhadap hasil belajar (Y), sehingga hipotesis dalam penelitian diterima.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ekonomi > Jurusan Ekonomi dan Akutansi > Program Studi Pendidikan EKonomi (S1)
Depositing User: MESRY ANGELIA Br.BUTAR BUTAR
Date Deposited: 22 Jan 2025 02:21
Last Modified: 22 Jan 2025 02:21
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/22738

Actions (login required)

View Item View Item