THE EFFECT OF DIGITAL STORIES TOWARDS YOUNG LEARNER’S WRITING ABILITY AND CREATIVITY IN AN INTERCULTURAL SCHOOL IN DENPASAR

Pandiangan, Winda Mayasari (2025) THE EFFECT OF DIGITAL STORIES TOWARDS YOUNG LEARNER’S WRITING ABILITY AND CREATIVITY IN AN INTERCULTURAL SCHOOL IN DENPASAR. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
2229081031-COVER.pdf

Download (390kB)
[img] Text (ABSTRAK)
2229081031-ABSTRAK.pdf

Download (253kB)
[img] Text (BAB I PENDAHULUAN)
2229081031-BAB I PENDAHULUAN.pdf

Download (312kB)
[img] Text (BAB II KAJIAN PUSTAKA)
2229081031-BAB II KAJIAN PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (412kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III METODE PENELITIAN)
2229081031-BAB III METODE PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (380kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN)
2229081031-BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V PENUTUP)
2229081031-BAB V PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (268kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2229081031-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (271kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2229081031-LAMPIRAN.pdf

Download (607kB)

Abstract

ABSTRAK Pandiangan, Winda Mayasari (2025), The Effect of Digital Stories towards Young Learner's Writing Ability and Creativity in an Intercultural School in Denpasar. Tesis, Program Pascasarjana Pendidikan Bahasa Inggris, Universitas Pendidikan Ganesha. Tesis ini telah disetujui dan diperiksa oleh Pembimbing I: Made Hery Santosa, Ph.D., dan Pembimbing Prof. Dr. I.G.A Lokita Purnamika Utami. Kata Kunci: Kreativitas, cerita digital, antarbudaya, menulis, pembelajar muda Bahasa Inggris semakin banyak digunakan sebagai media pengajaran di berbagai lingkungan sekolah, termasuk sekolah antarbudaya di mana siswa mungkin bukan penutur asli. Penelitian ini membahas tantangan yang dihadapi pembelajar muda non-asli dalam mengekspresikan kreativitas dalam bahasa Inggris, dengan fokus pada keterbatasan kosakata dan perbedaan budaya mereka. Penelitian saat ini bertujuan untuk menyelidiki pengaruh cerita digital pada pembelajar muda di sekolah antarbudaya, keterampilan menulis, dan kreativitas mereka, serta efek interaksi simultan dari cerita digital terhadap kemampuan menulis dan kreativitas di kalangan pembelajar muda di sekolah antarbudaya. Penelitian ini merancang eksperimen semu menggunakan tes awal dan tes akhir dengan kelas kontrol dan eksperimen. Sebanyak empat puluh siswa dilibatkan sebagai sampel penelitian. Hipotesis tentang pengaruh cerita digital terhadap kemampuan menulis dan kreativitas pelajar muda dijawab menggunakan Uji-T, dan MANOVA Satu arah digunakan untuk menjawab pertanyaan penelitian tentang pengaruh interaksi simultan. Temuan penelitian mengungkapkan dampak signifikan cerita digital terhadap kemampuan menulis siswa, dan hasil signifikansinya adalah 0,602. Cerita digital secara substansial memengaruhi kreativitas siswa; hasil signifikansinya adalah 0,694. Hasil tersebut menunjukkan bahwa penceritaan digital memiliki pengaruh kecil tetapi positif, p= 0,628, terhadap kemampuan menulis siswa. Sebaliknya, ia memiliki dampak sedang sebesar p=0,628 terhadap peningkatan kreativitas siswa. Hasil tersebut menunjukkan bahwa cerita digital secara bersamaan memengaruhi kemampuan menulis siswa dalam ukuran efek yang kecil. Namun, mengenai kreativitas siswa, cerita digital berukuran sedang. Penelitian ini menyimpulkan bahwa cerita digital berpotensi digunakan untuk kemampuan menulis dan kreativitas pelajar muda; Oleh karena itu, para guru didorong untuk menerapkan cerita digital pada kemampuan menulis dan kreativitas siswa muda. Penelitian di masa mendatang tentang penerapan cerita digital dengan keterampilan bahasa Inggris lainnya, termasuk berbagai instruksi dan proyek pra dan pasca-tes, sangat direkomendasikan.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Creativity, digital stories, intercultural, writing, young-learners
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Pascasarjana > Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris (S2)
Depositing User: Winda Mayasari Pandiangan
Date Deposited: 30 Jan 2025 06:08
Last Modified: 30 Jan 2025 06:08
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/22942

Actions (login required)

View Item View Item