Leony, Ni Ketut Fany Darma (2025) PENGEMBANGAN GAME EDUKASI BERBASIS PROBLEM-BASED LEARNING MATERI ALAT PERNAPASAN MANUSIA DAN HEWAN PADA KELAS V SD. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
![]() |
Text (COVER)
1915051101-COVER.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text (ABSTRAK)
[1915051101]-[ABSRAK].pdf Download (102kB) |
![]() |
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1915051101-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (116kB) |
![]() |
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1915051101-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (412kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1915051101-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (364kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 4 KAJIAN TEORI)
1915051101-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 5 PENUTUP)
1915051101-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (92kB) | Request a copy |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1915051101-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (125kB) |
![]() |
Text (LAMPIRAN)
1915051101-LAMPIRAN.pdf Download (8MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan menghasilkan dan mengimplementasikan pengembangan game edukasi berbasis problem based learning pada mata pelajaran ilmu pengetahun alam materi alat pernapasan manusia dan hewan pada kelas V SD dan mengetahui respon dari peserta didik terkait pengembangan game edukasi berbasis problem based learning materi alat pernapasan manusia dan hewan pada kelas V SD. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian dan pengembangan atau Resea and Development (R&D) dan model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini yaitu ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, Evaluation). Penelitian ini dilakuakan pada kelas V sebanyak 25 peserta didik sebagai subjek penelitian dan seorang guru kelas V. Pengambilan data pada penelitian ini menggunakan angket istrumen penilaian. Untuk uji kevalidan pengembaangan game eduaksi berasal dari ahli isi dan ahli media yang memperoleh sekor rata-rata sebesar 1,00 dari masing-masing ahli dengan kriteria sangat valid. Untuk uji efektivitas menggunakan rumus N-Gain yang memperoleh sebesar 0,80 sehingga termasuk ke dalam kategori “Efektif”. Selain itu, hasil perhitungan uji respon peserta didik memperoleh nilai rata-rata respon sebesar 70, 28 yang termasuk kedalam kategori “Sangat Positif” sedangkan hasil perhitungan respon guru memperoleh nilai rata-rata sebesar 48 termasuk ke dalam kategori “Sangat Positif”. Dengan demikian, pengembangan game edukasi berbasaias Problem Based Learning materi alat pernapasan manusia dan hewan pada kelas V SD di SD Negri 2 Abang Batudinding valid dan efektif untuk digunakan dalam pembelajaran IPA.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata Kunci: Pengembangan Game Edukasi, ADDIE, Problem Based Learning, Alat Pernapasan, Manusia, Hewan |
Subjects: | T Technology > T Technology (General) T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) |
Divisions: | Fakultas Teknik dan Kejuruan > Jurusan Teknik Informatika > Program Studi Pendidikan Teknik Informatika (S1) |
Depositing User: | Ni Ketut Fany Darma Leony |
Date Deposited: | 30 Jan 2025 07:49 |
Last Modified: | 30 Jan 2025 07:49 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/22951 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |