EFEKTIVITAS TEORI KONSELING PERILAKU DENGAN TEKNIK KELOLA DIRI UNTUK MEREDUKSI TUNDA AKADEMIK SISWA KELAS XI PH DI SMK NEGERI 1 SINGARAJA

HANDAYANI, PUTRI APRILLA (2025) EFEKTIVITAS TEORI KONSELING PERILAKU DENGAN TEKNIK KELOLA DIRI UNTUK MEREDUKSI TUNDA AKADEMIK SISWA KELAS XI PH DI SMK NEGERI 1 SINGARAJA. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA.

[img] Text (COVER)
2011011001_COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text (ABSTRAK)
2011011001_ABSTRAK.pdf

Download (942kB)
[img] Text (BAB I PENDAHULUAN)
2011011001_BAB I PENDAHULUAN.pdf

Download (2MB)
[img] Text (BAB II KAJIAN TEORI)
2011011001_BAB II KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB) | Request a copy
[img] Text (BAB III METODELOGI PENELITIAN)
2011011001_BAB III METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN)
2011011001_BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V PENUTUP)
2011011001_BAB V PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (913kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2011011001_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (772kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2011011001_LAMPIRAN.pdf

Download (4MB)

Abstract

Tunda akademik merupakan kecenderungan seseorang untuk menangguhkan-nunda mengerjakan atau menyelesaikan tugas yang sedang ia hadapi, adanya pemikiran bahwa semua tugas harus diselesaikan dengan perfeksionis atau sempurna, yang pada akhirnya akan mengakibatkan kecemasan karena pada akhirnya dia tidak dapat menyelesaikan tugas dengan tepat waktu dan maksimal atau bahkan gagal menyelesaikannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Efektivitas Pendekatan Konseling Perilaku Dengan Teknik Kelola diri Untuk Mereduksi Tunda Akademik Siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan Quasi Eksperimen dengan rancangan nonequivalent pretest-postest control group design dalam rancangan desain ini terdapat kelompok kontrol dan kelompok eksperimen yang tidak dipilih secara acak (non random assigment). Desain penelitian ini menggunakan Quasi Eksperimen Design dengan design nonequivalent control group design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI SMK Negeri 1 Singaraja yang berjumlah 6 kelas dengan total populasi sebanyak 225 siswa. Adapun yang menjadi anggota sampel adalah siswa kelas XI Perhotelan B dan X Perhotelan C yang berjumlah 73 orang sebagai kelas eksperimen dan kontrol. Dalam metode analisis data yang digunakan adalah uji t-hit yang menggunakan program SPSS 27.0 Windows 10. Instrumen pengumpulan data ini menggunakan kuesioner dengan teknik pengelolaan diri untuk mereduksi tunda akademik siswa kelas XI SMK Negeri 1 Singaraja. Berdasarkan kesimpulan dari penelitian ini dapat direkomendasikan bahwa model konseling ini efektif.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Tunda Akademik, Konseling perilaku, Teknik Pengelolaan diri
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Ilmu Pendidikan, Psikologi dan Bimbingan > Program Studi Bimbingan Konseling (S1)
Depositing User: Putri Aprilla Handayani
Date Deposited: 31 Jan 2025 02:32
Last Modified: 31 Jan 2025 02:32
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/22959

Actions (login required)

View Item View Item