THE ANALYSIS OF LANGUAGE STYLES USED IN “WONDERFUL INDONESIA YOUTUBE CHANNEL"

Anggreni, Ni Putu Sri Diva (2024) THE ANALYSIS OF LANGUAGE STYLES USED IN “WONDERFUL INDONESIA YOUTUBE CHANNEL". Diploma thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
2252015005-COVER.pdf

Download (563kB)
[img] Text (ABSTRAK)
2252015005-ABSTRAK.pdf

Download (261kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2252015005-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (342kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2252015005-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (297kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2252015005-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (311kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 PEMBAHASAN)
2252015005-BAB 4 PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (409kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUPAN)
2252015005-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (212kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2252015005-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (276kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2252015005-LAMPIRAN.pdf

Download (190kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi gaya bahasa yang digunakan pada saluran YouTube Wonderful Indonesia. Di era digital ini, YouTube bersaing dengan televisi sebagai platform yang banyak digunakan di berbagai negara. Salah satu keunggulan YouTube adalah pengguna dapat mengunggah video secara global. YouTube juga merupakan platform penting untuk mempromosikan layanan dan destinasi pariwisata, seperti Bali yang terkenal dengan pariwisatanya. Saluran YouTube Wonderful Indonesia, yang mempromosikan pariwisata di Bali dan wilayah lain di Indonesia, memiliki 155.000 subscriber dan 522 video. Dengan jumlah penonton dan pelanggan yang signifikan, penelitian ini menganalisis gaya bahasa yang digunakan oleh saluran tersebut untuk menarik banyak penonton. Enam video dipilih untuk analisis: (1) “Discover Bali the Island of the Gods,” (2) “Traveling Safely in Bali's New Era,” (3) “Wonderful Indonesia Return to Bali Safely and Easily,” (4) “Wonderful Indonesia - The Harmony of Bali,” (5) “Wonderful Indonesia - We Love Bali,” dan (6) “Wonderful Indonesia Bali.” Teknik pengumpulan data melibatkan menonton video yang dipilih, menyalin konten, dan menganalisis gaya bahasa yang digunakan. Peneliti menggunakan lembar observasi untuk mengumpulkan data dan menentukan gaya bahasa yang dominan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, karena data yang dikumpulkan berupa kalimat dari video YouTube. Hasil menunjukkan bahwa dua jenis gaya bahasa digunakan: antitesis (1 kalimat, 12%) dan hiperbola (7 kalimat, 88%). Hiperbola ditemukan sebagai gaya bahasa yang lebih dominan dalam video promosi di saluran YouTube Wonderful Indonesia.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Analisis, Gaya Bahasa, YouTube, Wonderful Indonesia
Subjects: P Language and Literature > P Philology. Linguistics
P Language and Literature > PE English
P Language and Literature > PN Literature (General)
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Jurusan Bahasa Asing > Program Studi Bahasa Inggris (D3)
Depositing User: NI PUTU SRI DIVA ANGGRENI
Date Deposited: 05 Feb 2025 07:03
Last Modified: 05 Feb 2025 07:03
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/23007

Actions (login required)

View Item View Item