PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION (RME) TERHADAP KOMPETENSI PENGETAHUAN MATEMATIKA DENGAN MENGENDALIKAN KEMAMPUAN NUMERIK SISWA KELAS V SD DI GUGUS II KECAMATAN KUTA UTARA TAHUN AJARAN 2019/2020

DEWI, NI PUTU ARI RESTYA (2020) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION (RME) TERHADAP KOMPETENSI PENGETAHUAN MATEMATIKA DENGAN MENGENDALIKAN KEMAMPUAN NUMERIK SISWA KELAS V SD DI GUGUS II KECAMATAN KUTA UTARA TAHUN AJARAN 2019/2020. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA.

[img] Text (COVER)
1611031127_COVER.pdf

Download (488kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1611031127_ABSTRAK.pdf

Download (309kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1611031127_BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (234kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1611031127_BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (254kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1611031127_BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (621kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1611031127_BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (512kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1611031127_BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (338kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1611031127_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (138kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1611031127_LAMPIRAN.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Realistic Mathematics Education (RME) terhadap kompetensi pengetahuan matematika dengan mengendalikan kemampuan numerik sisa kelas V SD di Gugus II Kecamatan Kuta Utara tahun ajaran 2019/2020. Penelitian ini menggunakan desain quasi eksperimen dengan rancangan single factorial independent group design with use of covariate. Populasi yang digunakan sebanyak 291 orang dari 7 sekolah yang berbeda. Sampel ditentukan dengan teknik cluster random sampling, sehingga diperoleh kelompok eksperimen sebanyak 32 orang yang diterapkan model RME dan kelompok kontrol 34 orang yang dibelajarkan secara konvensional. Metode tes dengan bentuk tes obyektif digunakan sebagai instrument pengumpulan data. Analisis data menggunakan uji ANAKOVA dan diperoleh Fhitung (239.675) > Ftabel (4.00) dengan dk penyebut = 63 dan dk pembilang = 1 pada α = 5%, sehingga Ho ditolak dan Ha diterima. Hal ini berarti mean kedua kelompok berbeda meskipun telah dikendalikannya kemampuan numerik siswa. Sehingga disimpulkan model Realistic Mathematics Education (RME) berpengaruh terhadap Kompetensi Pengetahuan Matematika meskipun telah dikendalikannya kemampuan numerik siswa Kelas V SD di Gugus II Kecamatan Kuta Utara Tahun Ajaran 2019/2020.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: realistic mathematics education (RME), kemampuan numerik, kompetensi pengetahuan matematik.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: NI PUTU ARI RESTYA DEWI
Date Deposited: 27 Jul 2020 03:42
Last Modified: 27 Jul 2020 03:42
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/2301

Actions (login required)

View Item View Item