PENGARUH PELATIHAN MENGGIRING BOLA TERHADAP KELINCAHAN DAN KOORDINASI PADA SISWA PESERTA EKSTRAKURIKULER SEPAK BOLA SMPN 2 SEMARAPURA

Artayasa, I Gede Lara (2025) PENGARUH PELATIHAN MENGGIRING BOLA TERHADAP KELINCAHAN DAN KOORDINASI PADA SISWA PESERTA EKSTRAKURIKULER SEPAK BOLA SMPN 2 SEMARAPURA. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
2016021006-COVER.pdf

Download (4MB)
[img] Text (ABSTRAK)
2016021006-ABSTRAK.pdf

Download (207kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2016021006-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (195kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2016021006-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2016021006-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2016021006-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (383kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2016021006-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (160kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2016021006-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (234kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2016021006-LAMPIRAN.pdf

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh pelatihan menggiring bola terhadap unsur-unsur kebugaran jasmani, khususnya kelincahan dan koordinasi, pada siswa peserta ekstrakurikuler sepak bola di SMPN 2 Semarapura. Penelitian menggunakan metode eksperimen dengan desain Randomized Control Group Pretest-Posttest. Subjek penelitian adalah 40 siswa, yang dibagi ke dalam dua kelompok melalui teknik ordinal pairing. Kelompok eksperimen menerima pelatihan menggiring bola selama 4 minggu dengan frekuensi 3 kali per minggu, sedangkan kelompok kontrol menjalani aktivitas bermain sepak bola secara konvensional. Instrumen yang digunakan meliputi Agility T-Test untuk mengukur kelincahan dan tes koordinasi mata-kaki. Data dianalisis menggunakan uji normalitas, homogenitas, dan uji-t independen dengan tingkat signifikansi 0,05. Hasil uji data post-test kelincahan dapat dilihat nilai thitung sebesar 7,829 dengan nilai signifikansi hitung (0,001) lebih kecil dari nilai α atau (Sig < 0,05), dan untuk uji data post-test koordinasi dapat dilihat nilai thitung sebesar -14,525 dengan nilai signifikansi hitung (0,001) lebih kecil dari nilai α (Sig < 0,05), sehingga hipotesis Pelatihan menggiring bola berpengaruh terhadap peningkatan kelincahan dan koordinasi pada siswa peserta ekstrakurikuler sepak bola SMPN 2 Semarapura H1 diterima. Kesimpulan dari penelitian ini adalah pelatihan menggiring bola memiliki pengaruh positif yang signifikan terhadap peningkatan kelincahan dan koordinasi pada siswa ekstrakurikuler sepak bola. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi bagi pengembangan program pelatihan fisik dalam meningkatkan kebugaran jasmani siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: menggiring bola, kelincahan, koordinasi
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Olahraga dan Kesehatan > Jurusan Ilmu Olahraga dan Kesehatan > Program Studi Ilmu Keolahragaan (S1)
Depositing User: I GEDE LARA ARTA YASA
Date Deposited: 10 Feb 2025 06:26
Last Modified: 10 Feb 2025 06:26
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/23133

Actions (login required)

View Item View Item