Artayasa, I Gede Lara (2025) PENGARUH PELATIHAN MENGGIRING BOLA TERHADAP KELINCAHAN DAN KOORDINASI PADA SISWA PESERTA EKSTRAKURIKULER SEPAK BOLA SMPN 2 SEMARAPURA. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
![]() |
Text (COVER)
2016021006-COVER.pdf Download (4MB) |
![]() |
Text (ABSTRAK)
2016021006-ABSTRAK.pdf Download (207kB) |
![]() |
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2016021006-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (195kB) |
![]() |
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2016021006-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2016021006-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2016021006-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (383kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 5 PENUTUP)
2016021006-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (160kB) | Request a copy |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2016021006-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (234kB) |
![]() |
Text (LAMPIRAN)
2016021006-LAMPIRAN.pdf Download (6MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh pelatihan menggiring bola terhadap unsur-unsur kebugaran jasmani, khususnya kelincahan dan koordinasi, pada siswa peserta ekstrakurikuler sepak bola di SMPN 2 Semarapura. Penelitian menggunakan metode eksperimen dengan desain Randomized Control Group Pretest-Posttest. Subjek penelitian adalah 40 siswa, yang dibagi ke dalam dua kelompok melalui teknik ordinal pairing. Kelompok eksperimen menerima pelatihan menggiring bola selama 4 minggu dengan frekuensi 3 kali per minggu, sedangkan kelompok kontrol menjalani aktivitas bermain sepak bola secara konvensional. Instrumen yang digunakan meliputi Agility T-Test untuk mengukur kelincahan dan tes koordinasi mata-kaki. Data dianalisis menggunakan uji normalitas, homogenitas, dan uji-t independen dengan tingkat signifikansi 0,05. Hasil uji data post-test kelincahan dapat dilihat nilai thitung sebesar 7,829 dengan nilai signifikansi hitung (0,001) lebih kecil dari nilai α atau (Sig < 0,05), dan untuk uji data post-test koordinasi dapat dilihat nilai thitung sebesar -14,525 dengan nilai signifikansi hitung (0,001) lebih kecil dari nilai α (Sig < 0,05), sehingga hipotesis Pelatihan menggiring bola berpengaruh terhadap peningkatan kelincahan dan koordinasi pada siswa peserta ekstrakurikuler sepak bola SMPN 2 Semarapura H1 diterima. Kesimpulan dari penelitian ini adalah pelatihan menggiring bola memiliki pengaruh positif yang signifikan terhadap peningkatan kelincahan dan koordinasi pada siswa ekstrakurikuler sepak bola. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi bagi pengembangan program pelatihan fisik dalam meningkatkan kebugaran jasmani siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | menggiring bola, kelincahan, koordinasi |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Olahraga dan Kesehatan > Jurusan Ilmu Olahraga dan Kesehatan > Program Studi Ilmu Keolahragaan (S1) |
Depositing User: | I GEDE LARA ARTA YASA |
Date Deposited: | 10 Feb 2025 06:26 |
Last Modified: | 10 Feb 2025 06:26 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/23133 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |