PENGEMBANGAN AUGMENTED REALITY PORTAL UNTUK GALERI VIRTUAL LUKISAN WAYANG KAMASAN

Pramudita, Putu Dimas (2025) PENGEMBANGAN AUGMENTED REALITY PORTAL UNTUK GALERI VIRTUAL LUKISAN WAYANG KAMASAN. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
2115051011-COVER.pdf

Download (651kB)
[img] Text (ABSTRAK)
2115051011-ABSTRAK.pdf

Download (88kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2115051011-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (176kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN PUSTAKA DAN LANDASAN TEORI)
2115051011-BAB 2 KAJIAN PUSTAKA DAN LANDASAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (199kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODOLOGI PENELITIAN)
2115051011-BAB 3 METODOLOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (508kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2115051011-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (944kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2115051011-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (90kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSATAKA)
2115051011-DAFTAR PUSATAKA.pdf

Download (170kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2115051011-LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Lukisan wayang Kamasan merupakan seni tradisional yang kaya akan nilai-nilai tradisional dan estetika di dalamnya, namun menghadapi tantangan dalam penjualan karena kurangnya strategi promosi di era digital. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media promosi dengan galeri virtual menggunakan teknologi Augmented Reality Portal untuk meningkatkan daya tarik dan pemasaran lukisan wayang Kamasan. Metode yang digunakan adalah Multimedia Development Life Cycle (MDLC), dengan enam tahapan: konsep, desain, pengumpulan bahan, perakitan, pengujian, dan distribusi. Data penelitian diperoleh melalui wawancara dengan pelukis dan fasilitator Rumah BUMN Klungkung, serta dilengkapi observasi, studi dokumen, dan kuesioner. Validasi dilakukan melalui uji blackbox dan whitebox untuk memastikan seluruh fungsi sistem bekerja dengan baik, baik secara eksternal maupun internal. Selain itu, uji kelayakan oleh ahli isi dan uji ahli media menghasilkan tingkat validitas "Sangat Tinggi." Uji respon pengguna menggunakan instrumen User Experience Questionnaire (UEQ) menunjukkan skor "excellent" pada enam aspek utama, yaitu daya tarik (2,44), kejelasan (2,24), efisiensi (2,10), ketepatan (2,16), stimulasi (2,33), dan kebaruan (2,44). Secara keseluruhan pengembangan galeri virtual lukisan wayang Kamasan dengan teknologi Augmented Reality Portal ini layak untuk digunakan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Lukisan Wayang Kamasan, Galeri Virtual, Augmented Reality Portal, Promosi.
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
T Technology > TD Environmental technology. Sanitary engineering
Divisions: Fakultas Teknik dan Kejuruan > Jurusan Teknik Informatika > Program Studi Pendidikan Teknik Informatika (S1)
Depositing User: PUTU DIMAS PRAMUDITA
Date Deposited: 10 Feb 2025 23:48
Last Modified: 10 Feb 2025 23:48
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/23141

Actions (login required)

View Item View Item