Pengembangan Media Pembelajaran Augmented Reality Informatika pada Elemen Sistem Komputer untuk Siswa di SMP Negeri 1 Seririt

Swisnandya, I Gusti Agung Michael (2025) Pengembangan Media Pembelajaran Augmented Reality Informatika pada Elemen Sistem Komputer untuk Siswa di SMP Negeri 1 Seririt. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
2115051035 - COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text (ABSTRAK)
2115051035 - ABSTRAK.pdf

Download (216kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2115051035 - BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (240kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2115051035 - BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (739kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODOLOGI PENELITIAN)
2115051035 - BAB 3 METODOLOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (845kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2115051035 - BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2115051035 - BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (221kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2115051035 - DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (254kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2115051035 - LAMPIRAN.pdf

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berbasis augmented reality (AR) guna meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi sistem komputer di SMP Negeri 1 Seririt. Hasil observasi menunjukkan adanya ketidakseimbangan antara tingginya antusiasme siswa dan rendahnya pemahaman dasar yang mereka miliki terhadap materi Informatika, meskipun mereka memperoleh nilai tinggi dalam ujian. Untuk mengatasi masalah ini, media pembelajaran berbasis AR dikembangkan dengan tujuan untuk memberikan pengalaman belajar yang lebih menarik, interaktif, dan mudah dipahami. Media ini dirancang menggunakan platform Assemblr Edu dan perangkat lunak Blender 3D untuk membuat objek tiga dimensi yang relevan dengan materi sistem komputer, yang memungkinkan siswa untuk berinteraksi langsung dengan elemen-elemen tersebut. Pengujian dilakukan melalui uji ahli isi dan media, uji coba dengan siswa, serta uji respon dari guru dan siswa. Hasil uji coba menunjukkan tingkat efektivitas media yang sangat baik, dengan persentase penilaian 95% pada uji perorangan dan kelompok kecil, serta 85,89% pada uji kelompok besar. Selain itu, hasil uji respon menunjukkan adanya peningkatan motivasi, minat, dan pemahaman siswa terhadap materi yang diajarkan. Berdasarkan hasil evaluasi tersebut, dapat disimpulkan bahwa penggunaan media pembelajaran berbasis AR dapat meningkatkan partisipasi, dan motivasi siswa dalam pembelajaran Informatika di tingkat SMP, serta berpotensi untuk diimplementasikan lebih luas dalam pendidikan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: media pembelajaran, augmented reality, sistem komputer
Subjects: L Education > L Education (General)
T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknik dan Kejuruan > Jurusan Teknik Informatika > Program Studi Pendidikan Teknik Informatika (S1)
Depositing User: I Gusti Agung Michael Swisnandya
Date Deposited: 11 Feb 2025 06:10
Last Modified: 11 Feb 2025 06:10
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/23169

Actions (login required)

View Item View Item