PENGEMBANGAN E-MODUL PjBL BERORIENTASI STEM PADA MATERI SPLDV UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH

Maeti, Ni Wayan Sri (2025) PENGEMBANGAN E-MODUL PjBL BERORIENTASI STEM PADA MATERI SPLDV UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
2323011008-COVER.pdf

Download (634kB)
[img] Text (ABSTRAK)
2323011008-ABSTRAK.pdf

Download (89kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2323011008-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (374kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2323011008-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (394kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2323011008-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (288kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2323011008-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2323011008-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (103kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2323011008-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (170kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2323011008-LAMPIRAN.pdf

Download (8MB)

Abstract

Banyak siswa di berbagai jenjang pendidikan mengalami kesulitan memecahkan masalah matematika akibat kurangnya pemahaman konsep dasar, rendahnya kemampuan berpikir kritis dan kesulitan menerapkan konsep dalam situasi berbeda. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui karakteristik dan penerapan e-modul PjBL berorientasi STEM pada materi SPLDV untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika. Penelitian ini menggunakan desain penelitian berdasarkan prosedur Plomp yang mencakup tiga fase pengembangan, yaitu fase preliminary research, fase prototyping, dan fase assessment. Subjek penelitian ini adalah ahli, guru dan siswa kelas VIII SMP N 1 Bangli. Objek penelitian ini adalah e-modul PjBL berorientasi STEM yang dibuat dengan eXe-learning dan berbantuan scratch. Instrumen pengumpulan data pada penelitian ini berupa (1) lembar validasi untuk memperoleh data dari validator; (2) lembar kepraktisan media untuk mengukur kepraktisan e-modul; dan (3) Instrumen efektivitas media yang disajikan berupa soal tes pemecahan masalah. Data yang telah terkumpul dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif. Hasil penelitian ini yakni (1) E-modul yang dikembangkan memiliki karakteristik berikut: (a) telah mencukupi aspek berkualitas valid, praktis dan efektif serta memenuhi aspek e-modul yang self-instruction, self-contained, stand alone, adaptif dan user friendly; (b) e-modul yang dikembangkan memiliki rata-rata skor kevalidan sebesar 3,76 dan berada dalam rentang 3,5≤Sr≤4,0 sehingga memenuhi kriteria sangat valid; (c) Kepraktisan yang diperoleh pada uji coba terbatas, uji coba lapangan I dan uji coba lapangan II dari segi keterlaksanaan, angket respon guru dan angket respon siswa semuanya telah memenuhi kategori praktis; dan (d) keefektifan dari e-modul memperoleh rata-rata skor pada uji coba terbatas 79.93, uji coba lapangan I sebesar 83.47 dan uji coba lapangan II sebesar 89.07 dengan kategori efektif sehingga tergolong efektif dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa; (2) Penggunaan e-modul PjBL berorientasi STEM efektif meningkatkan memecahkan masalah pada materi SPLDV yang diamati dari rata-rata nilai posttest naik menjadi 89,07 pada uji lapangan II.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: e-modul, Model Plomp, Pemecahan Masalah, SPLDV, STEM
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Pascasarjana > Program Studi Pendidikan Matematika (S2)
Depositing User: Ni Wayan Sri Maeti
Date Deposited: 11 Feb 2025 07:24
Last Modified: 11 Feb 2025 07:24
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/23181

Actions (login required)

View Item View Item