Naibaho, Joi (2025) IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PJOK MATERI PERMAINAN BOLA BESAR (SEPAK BOLA) DENGAN TEKNIK PASSING MENGGUNAKAN KAKI BAGIAN DALAM PADA PESERTA DIDIK KELAS VIII DI SMP NEGERI 1 SINGARAJA. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
![]() |
Text (COVER)
1916011030-COVER.pdf Download (4MB) |
![]() |
Text (ABSTRAK)
1916011030-ABSTRAK.pdf Download (233kB) |
![]() |
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1916011030-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (231kB) |
![]() |
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1916011030-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (251kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1916011030-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (319kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1916011030-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (265kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 5 PENUTUP)
1916011030-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (180kB) | Request a copy |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1916011030-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (183kB) |
![]() |
Text (LAMPIRAN)
1916011030-LAMPIRAN.pdf Download (15MB) |
Abstract
Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan (PJOK) memainkan peran penting dalam pengembangan keterampilan motorik, kebugaran jasmani, serta pembentukan pola hidup sehat pada peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran PJOK, khususnya materi permainan bola besar (sepak bola) dengan teknik passing menggunakan kaki bagian dalam. Penelitian ini menggunakan metode Problem Based Learning (PBL) untuk meningkatkan partisipasi siswa melalui proses pembelajaran berbasis penyelesaian masalah. Penelitian tindakan kelas (PTK) dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi PBL mampu meningkatkan hasil belajar pada aspek kognitif, Psikomotorik, dan afektif secara signifikan. Pada siklus I dari 39 peserta didik dalam kategori tuntas sebanyak 6 peserta didik (15%) sedangkan peserta didik dalam kategori tidak tuntas sebanyak 33 peserta didik (85%) peserta didik. Pada siklus II dari 39 peserta didik dalam kategori tidak tuntas sebanyak 0 peserta didik (0%) sedangkan peserta didik dalam kategori tuntas sebanyak 39 peserta didik (100%). Maka dari itu guru sebagai tenaga pendidik harus lebih kreatif untuk meningkatkan kualitas pembelajaran. Berdasarkan kesimpulan hasil penelitian diatas, peneliti mengimplementasikan metode penelitian ini supaya menjadi bahan pertimbangan dalam meningkatkan kualitas pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Problem Based Learning, Hasil Belajar, Sepak Bola |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Olahraga dan Kesehatan > Jurusan Pendidikan Olahraga > Program Studi Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi (S1) |
Depositing User: | Joi Naibaho |
Date Deposited: | 11 Feb 2025 05:03 |
Last Modified: | 11 Feb 2025 05:03 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/23202 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |