PENGEMBANGAN E-MODUL INTERAKTIF BERBASIS PROYEK BERORIENTASI SOCIAL EMOTIONAL LEARNING DALAM TRI HITA KARANA UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA

Ni Made, Sukma Pebriyanti (2025) PENGEMBANGAN E-MODUL INTERAKTIF BERBASIS PROYEK BERORIENTASI SOCIAL EMOTIONAL LEARNING DALAM TRI HITA KARANA UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA. Masters thesis, Universita Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
2323011001-COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text (ABSTRAK)
2323011001-ABSTRAK.pdf

Download (411kB)
[img] Text (BAB I PENDAHULUAN)
2323011001-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (4MB)
[img] Text (BAB II KAJIAN TEORI)
2323011001-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB III METODELOGI PENELITIAN)
2323011001-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN)
2323011001-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V PENUTUP)
2323011001-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (570kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2323011001-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (429kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2323011001- LAMPIRAN.pdf

Download (7MB)

Abstract

Pebriyanti, Ni Made Sukma (2025), Pengembangan E-Modul Interaktif Berbasis Proyek Berorientasi Social Emotional Learning dalam Tri Hita Karana untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep dan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa. Tesis, Pendidikan Matematika, Program Pascasarjana, Universitas Pendidikan Ganesha. Tesis ini sudah disetujui dan diperiksa oleh Pembimbing I : Prof. Dr. I Made Ardana, M.Pd dan Pembimbing II : Dr. I Wayan Puja Astawa, S.Pd., M.Stat.Sci. Kata – kata kunci : e-modul interaktif, social emotional learning, pembelajaran berbasis proyek, pemahaman konsep, dan kemampuan berpikir kreatif. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan e-modul interaktif berbasis proyek berorientasi social emotional learning dalam tri hita karana untuk meningkatkan pemahaman konsep dan kemampuan berpikir kreatif siswa yang memenuhi kualitas valid, praktis dan efektif. Penelitian dilaksanakan di SDN 1 Baktiseraga dan SDN 1 Pemaron pada semester ganjil tahun ajaran 2024/2025. Prosedur pengembangan mengikuti alur penelitian desain tipe studi pengembangan dengan model Plomp yang terdiri atas tiga tahapan yaitu preliminary reasearch, prototyping, dan assessment. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik wawancara, observasi, angket, teknik post-test dan penilaian proyek. Data yang dihasilkan dari angket dan tes kemudian dianalisis dengan dicari skor rata-ratanya dan diinterpretasikan menggunakan kriteria yang dirujuk serta dilihat ketuntasan dari setiap subjek penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1) e-modul interaktif yang dikembangkan telah memenuhi kualitas valid melalui proses expert review dengan skor rata – rata 4,6 (sangat valid), 2) Tingkat kepraktisan emodul dilihat dari skor rata – rata angket kepraktisan yang diisi oleh guru dan siswa pada tahap uji coba terbatas, uji coba lapangan I dan II dengan skor rata – rata guru secara berturut – turut adalah 98,6%; 99,3%; 93% (sangat praktis) dan skor rata – rata siswa secara berturut turut adalah 84%;85%;88% (sangat praktis), 3) Tingkat efektivitas e-modul dilihat dari hasil post-test, hasil penilaian proyek dan lembar observasi karakter. Hasil rata-rata nilai post-test pada setiap tahap uji coba telah memenuhi kriteria efektif dengan rata-rata nilai secara berturut – turut adalah 81;82;85 (pemahaman konsep) dan 83;76;77 (kemampuan berpikir kreatif) dengan lebih dari 75% subjek penelitian telah memenuhi kriteria baik bahkan sangat baik pada kategori pemahaman konsep dan kemampuan berpikir kreatif. Sejalan dengan itu, hasil penilaian proyek juga menunjukkan bahwa emodul interaktif memenuhi kualitas efektif. Peningkatan karakter kreatif juga terlihat dari hasil analisis lembar observasi karakter yang menunjukkan perubahan yang positif. Pada seluruh tahap uji coba hingga implementasi, karakter kreatif yang mulanya berada pada kategori ”mulai terlihat” telah bergeser positif ke arah ”menjadi kebiasaan” dan ”membudaya” dengan persentase akhir: a) pada tahap uji coba terbatas 77% siswa berkembang dan 23% membudaya, b) pada uji coba lapangan I, 93% siswa telah membudaya dan c) pada uji coba lapangan II, 28% siswa berkembang dan 72% membudaya. Berdasarkan hasil penelitian di atas, maka disimpulkan bahwa e-modul telah memenuhi kualitas valid, praktis dan efektif. Adapun karakterikstik dari e-modul yang kembangkan adalah sebagai berikut: 1) menggabungkan berbagai platfrom yang memberikan pengalaman belajar yang eksploratif, 2) dilengkapi dengan fitur interaktif, 3) memiliki latihan soal dan kuis yang kontekstual dan berorientasi Tri Hita Karana, 4) dilengkapi dengan fitur tombol bantuan untuk siswa, 5) dilengkapi dengan tombol petunjuk orang tua, 6) dilengkapi dengan tombol pojok karkater, 7) memiliki fitur ”ayo berkarya”, 8) terintergrasi dengan social emotional learning, 9) dilengkapi dengan soal evaluasi akhir. Pebriyanti, Ni Made Sukma (2025), Development of Interactive Project Based E-Module Oriented towards Social Emotional Learning in The Concept of Tri Hita Karana to Enhance Student's Conceptual Understanding and Creative Thinking Skills. Thesis, Mathematics Education, Postgraduate Program, Ganesha University of Education This thesis has been checked and approved by the Supervisors: Prof. Dr. I Made Ardana, M.Pd and Dr. I Wayan Puja Astawa, S.Pd., M.Stat.Sci. Keywords: interactive electronic module, social emotional learning, project- based learning, mathematics conceptual understanding, dan creative thinking skills. This research aimed to develop a Project Based E-Module Oriented towards Social Emotional Learning in The Concept of Tri Hita Karana to Enhance Student's Conceptual Understanding and Creative Thinking Skills. The Research was conducted at SDN 1 Baktiseraga dan SDN 1 Pemaron during the odd semester in the academic year 2024/2025. The development procedure follows design research with Plomp model that consisted three main phases including preliminary research, prototyping, and assessment phase. Regarding to the technique of data collection, Interview, observation, questionnaire, test and project assessment were used. The data obtained from the questionnaire and test were analyzed by calculating the average score and then was interpreted towards the criteria referred to as well as the completion of each research subject being assessed. The findings of the study show that: 1) Interactive electronic module has passed through the expert review and has met the criteria of valid with the average score 4,6 (highly valid), 2) The practicality level is assessed from the mean score of practicality questionnaire that filled by teachers and students in the pilot trial, field trial I and II phase. Teachers' assessment are: 98,6%; 99,3%; 93% (highly practical) and the students’ are: 84%;85%;88% (highly practical), 3). The level of e-module effectivity shown by the results of post-test, project assessment and character observation form. The average post-test scores in the pilot trial as well as field trial I and field trial II phase have met the effective criteria for conceptual understanding category with average scores of : 81;82;85 and for creative thinking skill category with average scores 83;76;77 consecutively. Considering the completion of each research subject, more than 75% have met the “satisfactory” and “excellent” criteria in both of conceptual understanding and creative thinking skills. The project assessment results show consistent outcomes at each trial stage, with final results meeting “satisfactory” and “creative criteria”. Aligned with the findings from observation form, at all stages of the trial up to the implementation, the creative character, initially categorized as “beginning to emerge” has positively shifted towards “becoming a habit” and “becoming a culture” with the final percentage of : a) at the pilot trial, 77% students showed positive progress and 23% have internalized the character, b) at the field trial I, 93% students have internalized the character and c) at the field trial II, 28% students showed positive progress and 72% have have internalized the character. According to those findings, it can be inferred that the e-modul has met the criteria of valid, practical and effective. The characteristic of this e-modul are as follows : 1) integrating various platforms to facilitate an explorative learning experience for students, 2) equipped with interactive feature, 3) contains contextual exercises and quizzes integrated with Tri Hita Karana concept, 4) equipped with a help button to assest student when it’s needed, 5) equipped with a parental guidance button, 6) equipped with character corner buttons, 7) equipped with “Let’s start creating” feature, 8) integrated with social emotional learning, 9) equipped with evaluation test.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Matematika > Program Studi Pendidikan Matematika (S2)
Depositing User: Ni Made Sukma Pebriyanti, S.pd
Date Deposited: 11 Feb 2025 07:54
Last Modified: 11 Feb 2025 07:54
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/23209

Actions (login required)

View Item View Item