Pengembangan Media Pembelajaran Multimedia Interaktif Berbasis HTML5 Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siklus Air

Wisnu Nata, I Kadek (2025) Pengembangan Media Pembelajaran Multimedia Interaktif Berbasis HTML5 Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siklus Air. Masters thesis, Universitas Pendidikan Undiksha.

[img] Text (2329041010-COVER)
2329041010-COVER.pdf

Download (839kB)
[img] Text (2329041010-ABSTRAK)
2329041010-ABSTRAK.pdf

Download (269kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2329041010-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (271kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2329041010-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (333kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2329041010-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (716kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2329041010-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2329041010-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (156kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2329041010-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (228kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2329041010-LAMPIRAN.pdf

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Nata, I Kadek Wisnu (2024), Pengembangan Media Pembelajaran Multimedia Interaktif Berbasis HTML5 Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siklus Air. Tesis. Pendidikan Dasar, Program Pascasarjana, Universitas Pendidikan Ganesha. Tesis ini telah disetujui dan diperiksa oleh Pembimbing I : Prof. Dr. I Made Ardana, M.Pd., dan Pembimbing II : Prof. Dr. I Nyoman Jampel, M.Pd. Kata Kunci :Multimedia Interaktif, HTML5, Siklus Air. Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan media pembelajaran berupa Pengembangan multimedia interaktif berbasis HTML5 (Hyper Text Markup Language 5) untuk meningkatkan hasil belajar siklus air untuk meningkatkan hasil belajar IPAS peserta didik kelas V SD yang valid, praktis dan efektif. Penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE melalui tahap analisis, perencanaan, pengembangan, implementasi dan evaluasi. Uji validitas materi dan media menggunakan instrumen Learning Object Review Instrument (LORI). Uji kepraktisan dilakukan menggunakan instrumen User Experience Questionnare (UEQ). Pengujian efektivitas dilakukan melalui pre-eksperimental dengan desain one group pre-test Post-test. Data hasil belajar IPAS dikumpulkan dengan tes dan dianalisis dengan uji-t satu ekor (one tailed t-test). Penelitian ini sudah menghasilkan multimedia interaktif berbasis HTML5 yang dapat diakses pada link bit.ly/wnmedia1. multimedia interaktif memuat materi yang beragam gambar, animasi, video, dan kuis interaktif. Hasil penelitian menyatakan bahwa: (1) validitas isi instrumen melalui ahli materi 97,5% dan validitas ahli media 98%; (2) Hasil uji kepraktisan pada aspek daya tarik, kejelasan, efisiensi, stimulasi, ketepatan dan kebaruan memperoleh nilai rata-rata 2,27 dengan kategori sangat baik, sehingga multimedia interaktif berbasis HTML5 dapat dinyatakan praktis; (3) Hasil uji hipotesis menggunakan uji-t satu ekor untuk uji efektivitas mendapatkan hasil t-hitung 38,36 lebih besar dari t-Tabel 2,067, artinya terdapat peningkatan hasil belajar IPAS peserta didik kelas V SD menggunakan multimedia interaktif berbasis HTML5 materi siklus air. Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa multimedia interaktif berbasis HTML5 yang dikembangkan valid, praktis, dan efektif dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik pada materi siklus air, sehingga layak digunakan dalam pembelajaran.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Multimedia Interaktif, HTML5, Siklus Air.
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Pascasarjana > Program Studi Pendidikan Dasar (S2)
Depositing User: I Kadek Wisnu Nata
Date Deposited: 14 Feb 2025 11:48
Last Modified: 14 Feb 2025 11:48
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/23327

Actions (login required)

View Item View Item