PENGEMBANGAN MEDIA GAME EDUKASI WORDWALL TOPIK BENTUK BUMI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPAS SISWA KELAS V SD

Septiani, Luh Enik (2025) PENGEMBANGAN MEDIA GAME EDUKASI WORDWALL TOPIK BENTUK BUMI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPAS SISWA KELAS V SD. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
2329041060-COVER.pdf

Download (384kB)
[img] Text (ABSTRAK)
2329041060-ABSTRAK.pdf

Download (58kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2329041060-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (171kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2329041060-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (432kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2329041060-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (481kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2329041060-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2329041060-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (63kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2329041060-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (194kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2329041060-LAMPIRAN.pdf

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan Media Game edukasi Wordwall untuk meningkatkan hasil belajar IPAS siswa kelas V SD, Model yang digunakan dalam penelitian dan pengembangan ini adalah model ADDIE yang melibatkan lima tahapan: analyze, design, development, implementation, dan evaluation. Penelitian ini memperoleh data melalui teknok non-tes kuesioner dan tes pilihan ganda. Uji validitas media dianalisis dengan formula Gregory terhadap skor uji judges, uji kepraktisan dianalisis dengan rata-rata kategorisasi terhadap skor uji kepraktisan dan uji efektivitas dianalisis dengan uji-t melalui paired sample t-test terhadap skor pre dan post test hasil belajar IPAS. Hasil penelitian menunjukkan media Game edukasi Wordwall yang dikembangkan terbukti valid dari segi materi, media dan bahasa melalui uji judges, terbukti praktis melalui uji praktisi oleh 10 guru dan 24 siswa dan terbukti efektif digunakan untuk meningkatkan hasil belajar IPAS siswa kelas V dengan pemerolehan t hitung > t tabel yakni 8,05 > 1,68023 selain itu juga diperoleh nilai sig. (1-tailed) < 0,05 (t = 8,05, p < 0,05, effect size = 1,2135 (tinggi)). Jadi, media Game edukasi Wordwall terbukti valid dan praktis sebagai sumber belajar serta efektif untuk meningkatkan hasil belajar.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: game, edukasi, wordwall, hasil belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Pascasarjana > Program Studi Pendidikan Dasar (S2)
Depositing User: Luh Enik Septiani
Date Deposited: 14 Feb 2025 09:45
Last Modified: 14 Feb 2025 09:45
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/23328

Actions (login required)

View Item View Item