Oktawiryati, Ni Putu (2025) PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN BERORIENTASI CASE METHOD BERBANTUAN AUGMENTED REALITY PADA TOPIK CAHAYA DAN BUNYI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
![]() |
Text (2329041037-COVER)
2329041037-Cover.pdf Download (598kB) |
![]() |
Text (2329041037-ABSTRAK)
2329041037-Abstrak.pdf Download (207kB) |
![]() |
Text (2329041037-BAB 1 PENDAHULUAN)
2329041037-Bab 1 Pendahuluan.pdf Download (498kB) |
![]() |
Text (2329041037-BAB 2 KAJIAN TEORI)
2329041037-Bab 2 Kajian Teori.pdf Restricted to Repository staff only Download (341kB) | Request a copy |
![]() |
Text (2329041037-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2329041037-Bab 3 Metodelogi Penelitian.pdf Restricted to Repository staff only Download (884kB) | Request a copy |
![]() |
Text (2329041037-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2329041037-Bab 4 Hasil dan Pembahasan.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
![]() |
Text (2329041037-BAB 5 PENUTUP)
2329041037-Bab 5 Penutup.pdf Restricted to Repository staff only Download (207kB) | Request a copy |
![]() |
Text (2329041037-DAFTAR PUSTAKA)
2329041037-Daftar Pustaka.pdf Download (472kB) |
![]() |
Text (2329041037-LAMPIRAN)
2329041037-Lampiran.pdf Download (8MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan modul pembelajaran berorientasi case method berbantuan augmented reality yang valid, praktis dan efektif pada topik cahaya dan bunyi di kelas V sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari lima tahap yaitu analyze, design, development, implementation, dan evaluation. Subjek penelitian ini adalah modul pembelajaran berorientasi case method berbantuan augmented reality, dan objek penelitian adalah validitas, kepraktisan dan efektifitas. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuesioner dan tes pilihan ganda. Analisis data yang digunakan adalah analisis data deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Uji validitas media dan materi menggunakan instrumen yang dianalisis dengan rumus Lawshe . Uji kepraktisan dilakukan dengan menggunakan instrumen angket kepraktisan modul yang mencakup aspek kemenarikan, kemudahan, ketepatan isi materi dan kebermanfaatan. Pengujian efektifvitas dilakukan dengan metode pre-eksperimental dengan desain one group pretest-postest. Data hasil belajar dikumpulkan dengan tes dan dianalisis dengan uji-t dua ekor (two tailed-t test) . Modul pembelajaran ini berisikan case method dan aplikasi penampil augmented reality yang dibuat dengan softwere unity dan vuforia. Hasil penelitian menunjukkan penilaian ahli materi dan ahli media modul yang dikembangkan valid dengan skor 1,00 dan memeroleh indeks istimewa. Berdasarkan penilaian guru modul dinyatakan praktis dengan skor rata-rata kepraktisan sebesar 66,10 dan dari segi siswa skor rata-rata kepraktisan sebesar 65,53 dan keduanya tergolong kategori sangat prkatis. Berdasarkan hasil uji coba pada siswa, modul dinyatakan efektif meningkatkan hasil belajar siswa dengan perolehan t hitung > t tabel yakni 10,854 > 1,725 dan nilai signifikansi (2-tailed) < 0,05 yakni 0,000 < 0,05 dengan efektivitas sebesar 1,92 tergolong tinggi. Dengan demikian Modul pembelajaran berorientasi case mehtod berbantuan augmented reality topik cahaya dan bunyi yang dikembangkan dinyatakan valid, praktis, dan efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas V sekolah dasar.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Modul Pembelajaran, Case Method, Augmented Reality, Cahaya dan Bunyi |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Pascasarjana > Program Studi Pendidikan Dasar (S2) |
Depositing User: | Ni Putu Oktawiryati |
Date Deposited: | 15 Feb 2025 02:52 |
Last Modified: | 15 Feb 2025 02:52 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/23353 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |