Ayu Putu Listyana, I Gusti Agung (2025) Pengembangan Media Pembelajaran Flipbook Berbasis Coding Untuk Meningkatkan Kreativitas Belajar dan Computational Thinking Siswa pada Mata Pelajaran IPAS Kelas V di Sekolah Dasar. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
![]() |
Text (COVER)
2111031015-COVER..pdf Download (673kB) |
![]() |
Text (ABSTRAK)
2111031015-ABSTRAK.pdf Download (60kB) |
![]() |
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2111031015-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (351kB) |
![]() |
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2111031015-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (617kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2111031015-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (566kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 4 HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN)
2111031015-BAB 4 HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 5 PENUTUP)
2111031015-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (157kB) | Request a copy |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2111031015-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (242kB) |
![]() |
Text (LAMPIRAN)
2111031015-LAMPIRAN.pdf Download (15MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan rancang bangun flipbook berbasis coding, untuk mengetahui kevalidan, kepraktisan dan keefektifan flipbook berbasis coding dalam meningkatkan kemampuan kreativitas belajar dan kemampuan computational thinking siswa kelas V SD pada materi transformasi energi pada ekosistem. Subjek penelitian ini adalah media flipbook berbasis coding dan objeknya adalah validitas, kepraktisan, dan efektivitas flipbook berbasis coding. Metode pengumpulan data menggunakan kuisioner dan tes uraian. Metode penelitian yang digunakan adalah analisis deskriptif kuantitatif. Analisis rancang bangun dilakukan berdasarkan kebutuhan siswa, analisis validitas produk menggunakan rumus mean, analisis kepraktisan menggunakan rumus persentase dan analisis keefektifan menggunakan uji-t berkorelasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) rancang bangun menghasilkan media flipbook berbasis coding; (2) validitas produk yang telah dihasilkan memperoleh nilai rata-rata untuk media sebesar 3,8 dan materi 3,9 yang artinya produk mendapat predikat sangat layak; (3) kepraktisan produk memperoleh hasil penilaian sebesar 88% (sangat baik) (4) nilai signifikansi (2-tailed) pada uji-t berkolerasi menunjukan angka 0,000 atau p < 0,05 sehingga media flipbook berbasis coding materi tranformasi energi pada ekosistem efektif meningkatkan kemampuan kreativitas belajar dan kemampuan computational thinking siswa kelas V SD Negeri 1 Banjar Jawa. Berdasarkan hal tersebut, rekomendasi yang diberikan dalam penelitian ini difokuskan pada perbaikan media pembelajaran dengan memperhatikan konten coding yang disajikan harus berbasis masalah (problem-based learning), memfokuskan desain interaktif yang mudah digunakan oleh siswa, serta pengembangan aktivitas yang dapat mendorong siswa untuk meningkatkan kreativitas belajar dan memiliki kemampuan computational thinking.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Flipbook, Coding, Kreativitas Belajar, Computational Thinking, Transformasi Energi. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z004 Books. Writing. Paleography |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | I Gusti Agung Ayu Putu Listyana |
Date Deposited: | 19 Feb 2025 03:45 |
Last Modified: | 19 Feb 2025 03:45 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/23461 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |