PENGEMBANGAN MEDIA RANTAI TRANSFORMASI ENERGI AUGMENTED REALITY BERBASIS CODING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERNALAR KRITIS DAN COMPUTATIONAL THINKING SISWA PADA MATERI IPAS DI SEKOLAH DASAR

Krisnadewi, Ni Kadek (2025) PENGEMBANGAN MEDIA RANTAI TRANSFORMASI ENERGI AUGMENTED REALITY BERBASIS CODING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERNALAR KRITIS DAN COMPUTATIONAL THINKING SISWA PADA MATERI IPAS DI SEKOLAH DASAR. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA.

[img] Text (COVER)
2111031264-COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (ABSTRAK)
2111031264-ABSTRAK.pdf

Download (667kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2111031264-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (757kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2111031264-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (917kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2111031264-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2111031264-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2111031264-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (583kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2111031264-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (630kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2111031264-LAMPIRAN.pdf

Download (12MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran Rantai Transformasi Energi Augmented Reality Berbasis Coding pada materi Energi disalurkan Antar Makhluk Hidup untuk meningkatkan kemampuan Bernalar Kritis dan Computational Thinking siswa kelas V sekolah Dasar yang valid, praktis dan efektif. Penelitian pengembangan ini menggunakan model ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, Evaluation). Metode dari pengumpulan data menggunakan instrument tes esay. Data dari hasil validitas media bersumber dari ahli media pembelajaran, dan ahli materi. Data dari kepraktisan media bersumber dari hasil respon siswa sebanyak 28 orang siswa.Pengujian untuk mengukur efektivitas produk dilakukan dengan menggunakan metode pra-eksperimen Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) validitas produk yang dihasilkan memperoleh nilai rata-rata untuk media sebesar 0,95 dan materi 0,94, yang mengindikasikan produk tersebut sangat layak digunakan; (2) kepraktisan media berdasarkan uji respon siswa memperoleh skor 93% (sangat baik). (3) uji-t berkolerasi menghasilkan nilaisignifikansi (2-tailed) sebesar 0,001 atau p < 0,05, yang menunjukkan bahwa media Rantai Transformasi Energi Augmented Reality Berbasis Coding mengenai materi Energi disalurkan antar Makhluk Hidup yang valid, praktis, dan Efektivitas dalam meningkatkan kemampuan Bernalar Kritis dan Computational Thinking siswa kelas V SD SD Negeri 1 Penarukan sehingga layak digunakan secara berkelanjutan pada kegiatan pembelajaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Rantai Transfromasi Energi, Augmented Reality, Bernalar Kritis, Computational Thinking, Model ADDIE.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Ni Kadek Krisnadewi
Date Deposited: 19 Feb 2025 03:26
Last Modified: 19 Feb 2025 03:26
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/23472

Actions (login required)

View Item View Item