PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN SI CERIA BERBASIS AR PADA PEMBELAJARAN METAKOGNITIF UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP SAINS DAN LEARNING ENGAGEMENT SISWA KELAS V SD

Putra, I Wayan Riski Ananda (2025) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN SI CERIA BERBASIS AR PADA PEMBELAJARAN METAKOGNITIF UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP SAINS DAN LEARNING ENGAGEMENT SISWA KELAS V SD. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA.

[img] Text (COVER)
2111031385-COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (ABSTRAK)
2111031385-ABSTRAK.pdf

Download (661kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2111031385-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (625kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2111031385-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (916kB)
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2111031385-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2111031385-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2111031385-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (569kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2111031385-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (588kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2111031385-LAMPIRAN.pdf

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk merancang dan mengembangkan media pembelajaran interaktif bernama Si Ceria yang berbasis Augmented Reality. Media ini dirancang untuk meningkatkan pemahaman konsep sains serta keterlibatan belajar siswa kelas V Sekolah Dasar. Latar belakang penelitian ini berakar pada rendahnya tingkat pemahaman siswa terhadap konsep sains dan kurangnya keterlibatan mereka dalam proses belajar, yang diperparah oleh terbatasnya penggunaan media pembelajaran yang efektif. Media pembelajaran Si Ceria berbasisi Augmented Reality dirancang untuk mendukung proses metakognitif siswa dengan menyediakan fitur pemantauaan dan evaluasi tujuan belajar, serta mengintegrasikan ilustrasi 3D, video, dan teks untuk membantu pemahaman materi secara lebih mendalam. Penelitian ini menerapkan model pengembangan ADDIE, yang terdiri dari lima tahap utama: analisis, perancangan, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran Si Ceria memiliki tingkat validitas yang sangat tinggi. Hal ini dibuktikan dengan skor validitas isi media, yakni 0,93 dari ahli media, 0,95 dari ahli materi, dan 0,96 dari ahli desain. Kepraktisan media dinilai sangat baik dengan skor 92,8% dari siswa, yang mencerminkan daya tarik visual dan kemudahan penggunaan dalam pembelajaran. Berdasarkan uji efektivitas, terdapat peningkatan signifikan pada pemahaman konsep sains dan learning engagement siswa setelah menggunakan media ini. Si Ceria sudah terbukti mampu menciptakan pembelajaran yang menarik dan relevan dengan kebutuhan abad ke-21. Si Ceria juga memberikan implikasi positif dalam meningkatkan motivasi belajar siswa, membantu guru mengintegrasikan teknologi Augmented Reality dalam pembelajaran, serta mendukung pencapaiaan tujuan pendidikan di era digital. Dengan demikian media pembelajaran Si Ceria berpotensi diadopsi secara luas sebagai media pembelajaran inovatif, selain meningkatkan kemampuan kognitif siswa, media ini juga mendorong pengembangan keterampilan secara mandiri.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci : Si Ceria, Pemahaman Konsep Sains, Learning Engagement, Augmented Reality, ADDIE
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: I Wayan Riski Ananda Putra
Date Deposited: 19 Feb 2025 05:35
Last Modified: 19 Feb 2025 05:35
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/23485

Actions (login required)

View Item View Item