Pramesti, Komang Echa Yunita (2025) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN KOMIK DIGITAL BERBASIS MASALAH PADA MATA PELAJARAN IPAS MATERI SISTEM PERNAPASAN MANUSIA SISWA KELAS V DI SD NEGERI 21 DAUH PURI DENPASAR. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA.
![]() |
Text (COVER)
2111031266-COVER.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text (ABSTRAK)
2111031266-ABSTRAK.pdf Download (813kB) |
![]() |
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2111031266-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (607kB) |
![]() |
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2111031266-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (619kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2111031266-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2111031266-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 5 PENUTUP)
2111031266-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (577kB) | Request a copy |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2111031266-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (626kB) |
![]() |
Text (LAMPIRAN)
2111031266-LAMPIRAN.pdf Download (4MB) |
Abstract
Tujuan penelitin ini adalah untuk (1) mendeskripsikan rancang bangun media komik digital berbasis masalah mata pelajaran IPAS, (2) mengetahui kualitas media komik digital berbasis masalah mata pelajaran IPAS, dan (3) mengetahui efektivitas media komik digital berbasis masalah mata pelajaran IPAS. Subjek uji coba penelitian ini yakni ahli isi/materi, ahli desain, dan ahli media pembelajaran serta 25 orang siswa kelas V SD Negeri 21 Dauh Puri Denpasar. Penelitian pengembangan komik digital ini menggunakan model pengembangan ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, Evaluation). Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode kuesioner dan tes. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif kuantitatif dan analisis statistik inferensial uji-t. Hasil penelitian pengembangan ini menyimpulkan bahwa komik digital berbasis masalah yang dikembangkan layak dan efektif untuk digunakan dalam proses pembelajaran dibuktikan dari: (1) hasil uji ahli rancang bangun diperoleh skor 92,50% (sangat baik) (2) kualitas media komik digital berbasis masalah berdasarkan hasil uji ahli materi pembelajaran diperoleh skor 91,18% (sangat baik), ahli desain pembelajaran dan ahli media pembelajaran diperoleh skor 92,50% (sangat baik), uji perorangan diperoleh skor 94,16% (sangat baik), uji kelompok kecil diperoleh skor 92,50% (sangat baik), serta (3) hasil uji efektivitas dengan uji-t memperoleh t-hitung = 22,826 > t-tabel = 1,711 pada taraf signifikansi 5% untuk dk = 24 sehingga H0 ditolak dan H1 diterima, yang artinya terdapat perbedaan yang signifikan sebelum dan sesudah menggunakan media komik digital berbasis masalah. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa produk media komik digital berbasis masalah efektif diterapkan pada mata pelajaran IPAS materi sistem pernapasan manusia kelas V di SD Negeri 21 Dauh Puri Denpasar.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata-kata kunci: ADDIE, komik digital, masalah, IPAS, sistem pernapasan manusia |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Komang Echa Yunita Pramesti |
Date Deposited: | 20 Feb 2025 04:38 |
Last Modified: | 20 Feb 2025 04:38 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/23542 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |