Sari, Made Eka (2025) PENGEMBANGAN MEDIA VIDEO ANIMASI UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERNALAR KRITIS DAN KEMAMPUAN BERKOMUNIKASI SISWA PADA MUATAN PENDIDIKAN PANCASILA KELAS IV SEKOLAH DASAR. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
![]() |
Text (COVER)
2111031341-COVER.pdf Download (2MB) |
![]() |
Text (ABSTRAK)
2111031341- ABSTRAK.pdf Download (757kB) |
![]() |
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2111031341-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (2MB) |
![]() |
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2111031341-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (10MB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2111031341- BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMABAHASAN)
2111031341-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (5MB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 5 PENUTUP)
2111031341-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (956kB) | Request a copy |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2111031341-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text (LAMPIRAN)
2111031341-LAMPIRAN.pdf Download (11MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menghasilkan produk media video animasi yang efektif untuk meningkatkan kemampuan bernalar kritis dan kemampuan berkomunikasi siswa pada muatan pendidikan Pancasila, (2) mengetahui proses pengembangan dan validitas video animasi, (3) mengetahui keefektivan dari penggunaan video animasi untuk siswa kelas IV sekolah dasar. Jenis penelitian ini adalah pengembangan (R&D) dengan desain ADDIE yang terdiri dari lima tahap, yakni Analyze, Design, Development, Implementation, Evaluation. Subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas IV dengan jumlah 23 siswa. Metode dan instrumen pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kuesioner dan tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) produk media video animasi dinyatakan valid dengan hasil review ahli isi materi yaitu sebesar 88% (valid), ahli media sebesar 96% (sangat valid). Adapun data yang dikumpulkan melalui respon siswa dengan persentase 94% dengan kualifikasi (sangat baik). Produk media video animasi dinyatakan efektif digunakan berdasarkan hasil post-test bernalar kritis 83,65 (baik). Hasil lainnya ditunjukkan pada hasil post-test berkomunikasi dengan sebesar 13,17 (baik). Hasil post-test bernalar kritis dan berkomunikasi ini menunjukkan bahwa implementasi media video animasi berdistribusi normal. Saat dilakukan perhitungan uji-t memperoleh hasil pada kolom signifikansi (2-tailed) sebesar 0,000. Hasil ini menunjukkan bahwa nilai signifikansi lebih kecil dari 0,05 (taraf signifikan 5%) atau p < 0,05 artinya, Ho ditolak dan Ha diterima yang berarti terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar siswa sebelum dan sesudah mengikuti pembelajaran dengan menggunakan video animasi.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Video animasi, bernalar kritis, komunikasi, pendidikan Pancasila. |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Made Eka Sari |
Date Deposited: | 05 Mar 2025 07:50 |
Last Modified: | 05 Mar 2025 07:50 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/23678 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |