PENGEMBANGAN MEDIA INTERAKTIF AUGMENTED REALITY BERBASIS PROBLEM SOLVING PADA MATERI LAPISAN DAN STRUKTUR BUMI KELAS V SEKOLAH DASAR

Putra, Dewa Made Agus Surya (2025) PENGEMBANGAN MEDIA INTERAKTIF AUGMENTED REALITY BERBASIS PROBLEM SOLVING PADA MATERI LAPISAN DAN STRUKTUR BUMI KELAS V SEKOLAH DASAR. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
2111031107-COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (ABSTRAK)
2111031107-ABSTRAK.pdf

Download (117kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2111031107-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (251kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2111031107-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (368kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2111031107-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (431kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2111031107-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2111031107-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (125kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2111031107-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (304kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2111031107-LAMPIRAN.pdf

Download (24MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan rancang bangun, validitas, kepraktisan, serta efektivitas media interaktif augmented reality berbasis problem solving pada materi lapisan dan struktur bumi kelas V sekolah dasar terhadap hasil belajar siswa. Penelitian ini merupakan bagian dari penelitian pengembangan dengan model ADDIE. Subjek uji coba dalam penelitian ini terdiri dari 2 orang ahli materi, 2 orang ahli media, 3 orang siswa uji coba perorangan, 9 orang siswa uji coba kelompok kecil, 1 orang guru kelas V, serta 19 orang siswa subjek uji efektivitas. Objek uji coba dalam penelitian ini adalah validitas, kepraktisan, serta efektivitas media yang dikembangkan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) media interaktif augmented reality berbasis problem solving memperoleh validitas materi sebesar 0,97 dan media sebesar 0,98 dengan kualifikasi sangat valid; (2) media interaktif augmented reality berbasis problem solving dikategorikan sangat praktis dengan hasil kepraktisan uji coba perorangan sebesar 91,67%, uji coba kelompok kecil sebesar 92,22%, dan guru sebesar 98,75%; (3) pengujian hipotesis memperoleh nilai thitung > ttabel (12,641 > 1,734), sehingga disimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar IPAS materi lapisan dan struktur Bumi siswa kelas V sebelum dan sesudah menggunakan media interaktif augmented reality berbasis problem solving

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: media interaktif, augmented reality, problem solving, lapisan dan struktur Bumi.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Dewa Made Agus Surya Putra
Date Deposited: 17 Mar 2025 01:41
Last Modified: 17 Mar 2025 01:41
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/23752

Actions (login required)

View Item View Item