Putra, Dewa Made Agus Surya (2025) PENGEMBANGAN MEDIA INTERAKTIF AUGMENTED REALITY BERBASIS PROBLEM SOLVING PADA MATERI LAPISAN DAN STRUKTUR BUMI KELAS V SEKOLAH DASAR. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
![]() |
Text (COVER)
2111031107-COVER.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text (ABSTRAK)
2111031107-ABSTRAK.pdf Download (117kB) |
![]() |
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2111031107-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (251kB) |
![]() |
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2111031107-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (368kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2111031107-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (431kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2111031107-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 5 PENUTUP)
2111031107-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (125kB) | Request a copy |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2111031107-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (304kB) |
![]() |
Text (LAMPIRAN)
2111031107-LAMPIRAN.pdf Download (24MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan rancang bangun, validitas, kepraktisan, serta efektivitas media interaktif augmented reality berbasis problem solving pada materi lapisan dan struktur bumi kelas V sekolah dasar terhadap hasil belajar siswa. Penelitian ini merupakan bagian dari penelitian pengembangan dengan model ADDIE. Subjek uji coba dalam penelitian ini terdiri dari 2 orang ahli materi, 2 orang ahli media, 3 orang siswa uji coba perorangan, 9 orang siswa uji coba kelompok kecil, 1 orang guru kelas V, serta 19 orang siswa subjek uji efektivitas. Objek uji coba dalam penelitian ini adalah validitas, kepraktisan, serta efektivitas media yang dikembangkan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) media interaktif augmented reality berbasis problem solving memperoleh validitas materi sebesar 0,97 dan media sebesar 0,98 dengan kualifikasi sangat valid; (2) media interaktif augmented reality berbasis problem solving dikategorikan sangat praktis dengan hasil kepraktisan uji coba perorangan sebesar 91,67%, uji coba kelompok kecil sebesar 92,22%, dan guru sebesar 98,75%; (3) pengujian hipotesis memperoleh nilai thitung > ttabel (12,641 > 1,734), sehingga disimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar IPAS materi lapisan dan struktur Bumi siswa kelas V sebelum dan sesudah menggunakan media interaktif augmented reality berbasis problem solving
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | media interaktif, augmented reality, problem solving, lapisan dan struktur Bumi. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Dewa Made Agus Surya Putra |
Date Deposited: | 17 Mar 2025 01:41 |
Last Modified: | 17 Mar 2025 01:41 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/23752 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |