PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF BERBASIS PENDEKATAN KONTEKSTUAL MATERI PECAHAN PADA MUATAN MATEMATIKA KELAS IV SD NEGERI 4 TONJA

Oktaviani, Ni Kadek Ria (2025) PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF BERBASIS PENDEKATAN KONTEKSTUAL MATERI PECAHAN PADA MUATAN MATEMATIKA KELAS IV SD NEGERI 4 TONJA. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA.

[img] Text (COVER)
2111031119-COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (ABSTRAK)
2111031119-ABSTRAK.pdf

Download (633kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2111031119-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (775kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2111031119-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (918kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2111031119-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2111031119-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2111031119-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (747kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2111031119-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (653kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2111031119-LAMPIRAN.pdf

Download (10MB)

Abstract

Penelitian pengembangan ini dilatarbelakangi atas permasalahan kurangnya penggunaan media pembelajaran yang inovatif dan pendekatan kontekstual oleh guru dalam pembelajaran matematika. Kondisi tersebut menyebabkan pembelajaran cenderung monoton sehingga berpengaruh pada hasil belajar siswa menjadi rendah. Tujuan dari penelitian ini, untuk (1) mendeskripsikan rancang bangun pengembangan multimedia interaktif berbasis pendekatan kontekstual, (2) mengetahui kelayakan multimedia interaktif berbasis pendekatan kontekstual, dan (3) mengetahui efektivitas multimedia interaktif berbasis pendekatan kontekstual pada materi pecahan senilai. Penelitian pengembangan ini mengacu pada model pengembangan ADDIE. Subjek penelitian ini adalah 39 siswa kelas IV sekolah dasar. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Rancang bangun multimedia interaktif berbasis pendekatan kontekstual berupa media digital interaktif yang memuat halaman login siswa, petunjuk penggunaan, kompetensi, materi, video animasi, kuis, game, dan profil pengembang yang dikembangkan berdasarkan flowchart dan storyboard sesuai dengan alur model pengembangan ADDIE, sehingga menghasilkan multimedia interaktif berbasis pendekatan kontekstual yang dapat diakses secara online. Hasil review ahli rancang bangun memperoleh skor sebesar 93,18% (sangat baik), (2) Hasil uji kelayakan menunjukkan bahwa multimedia interaktif berbasis pendekatan kontekstual layak digunakan dalam pembelajaran berdasarkan: (a) hasil review ahli isi/materi pembelajaran sebesar 95,83% (sangat baik), (b) hasil review ahli desain instruksional sebesar 95,45% (sangat baik), (c) hasil review ahli media pembelajaran sebesar 97,91% (sangat baik), (d) hasil uji coba perorangan sebesar 93,9% (sangat baik), dan (e) hasil uji coba kelompok kecil sebesar 93,63% (sangat baik), serta (3) Hasil uji efektivitas memperoleh thitung = 14,046 dan ttabel = 1,686, sehingga thitung ≥ ttabel (14,046 ≥ 1,686) yang berarti H0 ditolak dan H1 diterima artinya bahwa rata-rata hasil post-test siswa setelah menggunakan multimedia interaktif lebih dari nilai KKTP (84,23 ≥ 65). Maka, dapat disimpulkan bahwa multimedia interaktif berbasis pendekatan kontekstual efektif digunakan dalam kegiatan pembelajaran matematika dengan materi pecahan senilai di kelas IV sekolah dasar.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Pengembangan, Multimedia Interaktif, Pendekatan Kontekstual, Pecahan Senilai
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Ni Kadek Ria Oktaviani
Date Deposited: 18 Mar 2025 00:43
Last Modified: 18 Mar 2025 00:43
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/23763

Actions (login required)

View Item View Item