Febriana, I Putu Angga Pastika (2025) PENGEMBANGAN AUGMENTED REALITY (AR) PENGENALAN SEJARAH MONUMEN-MONUMEN NAPAK TILAS PERJUANGAN I GUSTI NGURAH RAI DI KABUPATEN KARANGASEM. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
![]() |
Text (COVER)
2115051004-COVER.pdf Download (739kB) |
![]() |
Text (ABSTRAK)
2115051004-ABSTRAK.pdf Download (232kB) |
![]() |
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2115051004-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (178kB) |
![]() |
Text (BAB 2 KAJIAN PUSTAKA DAN LANDASAN TEORI)
2115051004-BAB 2 KAJIAN PUSTAKA DAN LANDASAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (746kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 3 METODOLOGI PENELITIAN)
2115051004-BAB 3 METODOLOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (549kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2115051004-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 5 PENUTUP)
2115051004-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (147kB) | Request a copy |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2115051004-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (175kB) |
![]() |
Text (LAMPIRAN)
2115051004-LAMPIRAN.pdf Download (5MB) |
Abstract
Pelestarian nilai sejarah menjadi tantangan dalam perkembangan bangsa Indonesia. Salah satunya seperti tingkat pengetahuan masyarakat terhadap nilai sejarah monumen Napak Tilas Perjuangan I Gusti Ngurah Rai di Kabupaten Karangasem, Bali masih rendah. Kondisi tersebut disebabkan oleh minimnya media informasi pengenalan monumen yang dapat diakses oleh masyarakat. Oleh karena itu, penting untuk memberikan solusi berupa pengembangan media informasi pengenalan monumen yang informatif dan menarik. Tujuan dari pelaksanaan penelitian pengembangan ini adalah mengembangkan produk aplikasi mobile Augmented Reality (AR) sebagai media pengenalan sejarah monumen-monumen Napak Tilas Perjuangan I Gusti Ngurah Rai di Kabupaten Karangasem dan mengetahui respons pengguna terhadap produk aplikasi mobile AR. Jenis penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R & D) dengan model pengembangan Multimedia Development Life Cycle (MDLC) sebagai kerangka kerja untuk mengembangkan produk multimedia yang terdiri dari tahap Concept, Design, Material Collecting, Assembly, Testing, dan Distribution. Dalam mengetahui respons pengguna terhadap produk menggunakan User Experience Questionnaire (UEQ) yang berpedoman pada enam aspek berupa Attractiveness, Efficiency, Perspicuity, Dependability, Stimulation, dan Novelty. Hasil penelitian pengembangan ini berupa aplikasi AR mobile berbasis Android bernama HistoAR yang telah melalui uji blackbox dengan hasil 100% sesuai, uji ahli isi dengan hasil skor 1,00 yang termasuk ke dalam kualifikasi “Sangat Tinggi” dengan kriteria “Sangat Valid”, dan uji ahli media dengan hasil skor 1,00 yang termasuk ke dalam kualifikasi “Sangat Tinggi” dengan kriteria “Sangat Valid”, serta uji respons pengguna dengan UEQ memperoleh hasil “Excellent” atau unggul pada semua aspek. Dengan demikian, pengembangan produk Augmented Reality memperoleh hasil yang valid dan respons yang positif sehingga layak digunakan secara luas.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Augmented Reality (AR), Napak Tilas Perjuangan I Gusti Ngurah Rai, R & D, MDLC, UEQ |
Subjects: | D History General and Old World > D History (General) > D839 Post-war History, 1945 on L Education > L Education (General) T Technology > T Technology (General) |
Divisions: | Fakultas Teknik dan Kejuruan > Jurusan Teknik Informatika > Program Studi Pendidikan Teknik Informatika (S1) |
Depositing User: | I Putu Angga Pastika Febriana |
Date Deposited: | 25 Mar 2025 03:03 |
Last Modified: | 25 Mar 2025 03:03 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/23777 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |