Prastya, Pande Kadek Herry Adi (2025) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TGT BERBANTUAN MEDIA PHYSICS EDUCATION TECHNOLOGY TERHADAP BERPIKIR KRITIS MATEMATIKA MATERI PECAHAN KELAS III SD GUGUS 1 GIANYAR TAHUN AJARAN 2024/2025. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA.
![]() |
Text (COVER)
2111031125-COVER.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text (ABSTRAK)
2111031125-ABSTRAK.pdf Download (432kB) |
![]() |
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2111031125-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (358kB) |
![]() |
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2111031125-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (414kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2111031125-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (623kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2111031125-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (549kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 5 PENUTUP)
2111031125-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (231kB) | Request a copy |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2111031125-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (464kB) |
![]() |
Text (LAMPIRAN)
2111031125-LAMPIRAN.pdf Download (15MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh yang signifikan model pembelajaran Team Games Tournament berbantuan media Physics Education Technology terhadap berpikir kritis matematika materi pecahan kelas III SD Gugus 1 Gianyar Tahun Ajaran 2024/2025. Penelitian ini merupakan penelitian semu (quasi-eksperimental design) dengan rancangan non-equivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini yaitu siswa kelas III SD Gugus 1 Gianyar, sebanyak 209 siswa. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik cluster random sampling dan diperoleh sampel yaitu siswa kelas III SD Negeri 1 Gianyar sebagai kelompok eksperimen dengan jumlah siswa sebanyak 35 orang dan siswa kelas III SD Negeri 7 Gianyar sebagai kelompok kontrol dengan jumlah siswa sebanyak 35 orang. Metode pengumpulan data menggunakan tes pilihan ganda. Data hasil penelitian dianalisis dengan teknik analisis statistik Uji-T. Hasil analisis data diperoleh bahwa persenan skor rata-rata post-test berpikir kritis dalam pembelajaran matematika materi pecahan kelompok eksperimen yaitu 84,857143% berada pada kategori tinggi, sedangkan rata-rata berpikir kritis siswa kelompok kontrol yaitu 67,857143% berada pada kategori sedang. Hasil analisis uji-T diperoleh Thitung adalah 11,310 dengan taraf signifikansi 5% didapatkan Ttabel adalah 1,995. Dengan kata lain Thitung = 11,310 > Ttabel = 1,995 sehingga H0 ditolak dan H1 diterima. Maka dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Team Games Tournament berbantuan media Physics Education Technology berpengaruh terhadap berpikir kritis siswa dalam pembelajaran matematika materi pecahan kelas III SD Gugus 1 Gianyar Tahun Ajaran 2024/2025.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata Kunci: model Team Games Tournament, Media Physics Education Technology, Kemampuan Berpikir Kritis. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Pande Kadek Herry Adi Prastya |
Date Deposited: | 16 Apr 2025 23:49 |
Last Modified: | 16 Apr 2025 23:49 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/23937 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |