Sari, Ni Luh Made Puspita (2025) PENGEMBANGAN E-MODUL BERBASIS TEORI APOS UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEPTUAL SISWA KELAS IV SD NEGERI 2 ABIANBASE. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
![]() |
Text (COVER)
2111031511-COVER.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text (ABSTRAK)
2111031511-ABSTRAK.pdf Download (221kB) |
![]() |
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2111031511-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (234kB) |
![]() |
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2111031511-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (403kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2111031511-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (384kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2111031511-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (6MB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 5 PENUTUP)
2111031511-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (215kB) | Request a copy |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2111031511-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (226kB) |
![]() |
Text (LAMPIRAN)
2111031511-LAMPIRAN.pdf Download (11MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui rancang bangun, kelayakan, serta efektifitas dari media pembelajaran E-modul berbasis Teori APOS untuk meningkatkan pemahaman konseptual siswa kelas IV SD. Subjek penelitian pengembangan E-modul berbasis Teori APOS ini melibatkan 20 siswa kelas IV SD Negeri 2 Abianbase. Penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE. Model tersebut terdiri dari lima tahapan yang terdiri dari analisis, desain, pengembangan, implementasi dan evaluasi. Teknis analisis data yang digunakan dintaranya deskriptif kuantitatif, deskriptif kualitatif, dan analisis statistik inferensial. Hasil penelitian ini berupa produk E-modul berbasis Teori APOS dengan kualifikasi produk sangat baik serta efektif digunakan dalam proses pembelajaran materi bilangan muatan matematika. Pengumpulan data yang digunakan adalah metode wawancara, observasi, dan tes essay. Berdasarkan hasil penelitian menurut ahli isi/materi pelajaran memperoleh skor 96,6% dengan kualifikasi sangat baik, ahli desain instruksional memperoleh skor 83,3% dengan kualifikasi baik, ahli media pembelajarn memperoleh skor 90% dengan kualifikasi sangat baik, uji coba perorangan yang melibatkan tiga siswa kelas IV memperoleh skor 92,5% dengan kualifikasi sangat baik, dan uji coba kelompok kecil yang melibatkan sembilan siswa kelas IV memperoleh skor 93,05% dengan kualifikasi sangat baik. Berdasarkan uji efektivitas yang melibatkan 20 siswa kelas IV memperoleh sebesar 23, 363. Selanjutnya, harga thitung dibandingkan dengan harga pada taraf signifikan 5% dengan dk = n-1 = 20-1=19. Hasil perhitungan tersebut menunjukkann bahwa thitung (23.363) > ttabel (2,093), sehingga H0 dan H1 diterima. Dapat disimpulkan, bahwa terdapat peningkatan yang signifikan terhadap hasil belajar antara sebelum menggunakan media E-modul berbasis Teori APOS maupun sesudah menggunakan media E-modul berbasis Teori APOS pada muatan matematika materi bilangan cacah kelas IV SD Negeri 2 Abianbase. Dengan hal tersebut bahwa E-modul berbasis Teori APOS efektif digunakan dalam proses pembelajaran di kelas IV SD Negeri 2 Abianbase.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | E-modul, Teori APOS, Pemahaman Konseptual, Matematika |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Ni Luh Made Puspita Sari |
Date Deposited: | 19 Apr 2025 10:51 |
Last Modified: | 19 Apr 2025 10:51 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/23963 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |