PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN PERMAINAN BALOK PENAMBAH ILMU BERBASIS NUMERASI PADA OPERASI HITUNG BILANGAN BULAT MUATAN MATEMATIKA KELAS IV SD NEGERI 19 PEMECUTAN TAHUN AJARAN 2024/2025

Kumarasari, Ni Komang Prema (2025) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN PERMAINAN BALOK PENAMBAH ILMU BERBASIS NUMERASI PADA OPERASI HITUNG BILANGAN BULAT MUATAN MATEMATIKA KELAS IV SD NEGERI 19 PEMECUTAN TAHUN AJARAN 2024/2025. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
2111031392-COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text (ABSTRAK)
2111031392-ABSTRAK.pdf

Download (379kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2111031392-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (261kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2111031392-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (483kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2111031392-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (604kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2111031392-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2111031392-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (342kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2111031392-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (274kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2111031392-LAMPIRAN.pdf

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan rancang bangun Media Pembelajaran Permainan Balok Penambah Ilmu Berbasis Numerasi pada Operasi Hitung Bilangan Bulat Muatan Matematika Kelas IV SD Negeri 19 Pemecutan Tahun Ajaran 2024/2025, (2) mengetahui kelayakan Media Pembelajaran Permainan Balok Penambah Ilmu Berbasis Numerasi pada Operasi Hitung Bilangan Bulat Muatan Matematika Kelas IV SD Negeri 19 Pemecutan Tahun Ajaran 2024/2025, (3) mengetahui efektivitas Media Pembelajaran Permainan Balok Penambah Ilmu Berbasis Numerasi pada Operasi Hitung Bilangan Bulat Muatan Matematika Kelas IV SD Negeri 19 Pemecutan Tahun Ajaran 2024/2025. Penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE. Data dikumpulkan melalui metode angket/kuesioner dan tes berupa soal pilihan ganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) rancang bangun media pembelajaran permainan balok penambah ilmu berdasarkan hasil penilaian dari ahli rancang bangun bangun sebesar 90,90% dengan kualifikasi sangat baik, (2) media pembelajaran permainan balok penambah ilmu dinyatakan layak berdasarkan hasil penilaian dari ahli isi mata pelajaran sebesar 90% dengan kualifikasi sangat baik, hasil penilaian dari ahli desain intruksional sebesar 95,4% dengan kualifikasi sangat baik, hasil penilaian dari ahli media pembelajaran sebesar 93,1% dengan kualifikasi sangat baik, hasil penilaian uji coba perorangan sebesar 98% dengan kualifikasi sangat baik, dan hasil penilaian uji coba kelompok kecil sebesar 93,88% dengan kualifikasi sangat baik. (3) efektivitas media pembelajaran permainan balok penambah ilmu berdasarkan uji-t sample dependent diperoleh nilai t_hitung= 24,59 sedangkan nilai t_tabel dengan dk = n – 1 = 25 – 1 = 24 pada taraf signifikasi 5% diperoleh sebesar 1,711. Hasil tersebut menunjukkan t_hitung > t_tabel sehingga H_0 ditolak dan H_1 diterima. Jadi dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran permainan balok penambah ilmu berbasis numerasi efektif diterapkan pada Operasi Hitung Bilangan Bulat Muatan Matematika Kelas IV SD Negeri 19 Pemecutan Tahun Ajaran 2024/2025.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: pengembangan, media pembelajaran, permainan balok, numerasi, matematika
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
L Education > LC Special aspects of education
T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Ni Komang Prema Kumarasari
Date Deposited: 19 Apr 2025 11:14
Last Modified: 19 Apr 2025 11:14
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/23975

Actions (login required)

View Item View Item