Handayani, Ni Nengah Mery (2025) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN POP-UP BOOK DIGITAL SISTEM PENCERNAAN PADA MANUSIA BERBASIS HOTS UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERNALAR KRITIS SISWA SEKOLAH DASAR. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
![]() |
Text (COVER)
2111031203-COVER.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text (ABSTRAK)
2111031203-ABSTRAK.pdf Download (272kB) |
![]() |
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2111031203-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (286kB) |
![]() |
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2111031203-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (475kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2111031203-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (548kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2111031203-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 5 PENUTUP)
2111031203-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (241kB) | Request a copy |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2111031203-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (268kB) |
![]() |
Text (LAMPIRAN)
2111031203-LAMPIRAN.pdf Download (15MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendah dan lemahnya kemampuan bernalar kritis siswa yang diakibatkan karena kurangnya penggunaan media pembelajaran dan kegiatan pembelajaran yang belum menuntut siswa untuk aktif terlibat. Penelitian pengembangan ini memiliki tujuan, yaitu (1) mengembangkan (rancang bangun) media pop-up book digital sistem pencernaan pada manusia berbasis HOTS, (2) mengetahui validitas media pop-up book digital sistem pencernaan pada manusia berbasis HOTS, (3) mengetahui tingkat kepraktisan media pop-up book digital sistem pencernaan pada manusia berbasis HOTS, dan (4) mengetahui efektivitas media pop-up book digital sistem pencernaan pada manusia berbasis HOTS terhadap kemampuan bernalar kritis siswa kelas V Sekolah Dasar. Penelitian ini menggunakan model ADDIE yang terdiri dari lima tahapan, yaitu (1) analisis, (2) perancangan, (3) pengembangan, (4) implementasi, dan (5) evaluasi. Subjek pengembangan berupa media pembelajaran pop-up book digital, sedangkan objek penelitian pengembangan ini adalah validitas, kepraktisan, dan efektivitas media. Metode pengumpulan data yaitu angket/kuisioner dan tes. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data yaitu lembar angket/kuisioner dan tes pilihan ganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) media pop-up book digital mendapatkan validitas ahli materi sebesar 3,77, validitas ahli media sebesar 3,77, dan validitas desain sebesar 3,8 dengan kualifikasi sangat baik; (2) tingkat pencapaian respons guru (praktisi) sebesar 93%, uji coba perorangan sebesar 90%, dan uji coba kelompok kecil sebesar 91% dengan kualifikasi sangat baik; serta (3) efektivitas memperoleh nilai signifikansi (2-tailed) pada uji-t sebesar 0,000 atau p < 0,05 (taraf signifikansi 5%), sehingga media pembelajaran pop-up book digital efektif guna meningkatkan kemampuan bernalar kritis siswa kelas V SD.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pop-up book digital, sistem pencernaan pada manusia, HOTS, bernalar kritis |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education L Education > LC Special aspects of education T Technology > T Technology (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Ni Nengah Mery Handayani |
Date Deposited: | 21 Apr 2025 00:40 |
Last Modified: | 21 Apr 2025 00:40 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/23986 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |