Pengembangan Video Pembelajaran Interaktif Berbasis Website H5P Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Pada Muatan IPA Kelas V Sekolah Dasar

Pratiwi, Kadek Ananda (2025) Pengembangan Video Pembelajaran Interaktif Berbasis Website H5P Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Pada Muatan IPA Kelas V Sekolah Dasar. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
2111031121-COVER.pdf

Download (731kB)
[img] Text (ABSTRAK)
2111031121-ABSTRAK.pdf

Download (378kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2111031121-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (391kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2111031121-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (624kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2111031121-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (703kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2111031121-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2111031121-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (348kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2111031121-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (356kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2111031121-LAMPIRAN.pdf

Download (11MB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan karena ditemukannya permasalahan mengenai kurangnya pemanfaatan media pembelajaran dalam proses belajar mengajar sehingga berdampak pada rendahnya keterampilan berpikir kritis siswa kelas V Sekolah Dasar. Tujuan penelitian pengembangan ini yaitu: (1) menghasilkan rancang bangun media video pembelajaran interaktif berbasis website H5P, (2) menguji kevalidan media video pembelajaran interaktif berbasis website H5P, (3) menguji kepraktisan media video pembelajaran interaktif berbasis website H5P, dan (4) menguji keefektifan media video pembelajaran interaktif berbasis website H5P terhadap keterampilan berpikir kritis siswa kelas V Sekolah Dasar. Penelitian pengembangan ini menggunakan model ADDIE, yang terdiri dari lima tahapan, yaitu (1) analyze, (2) design, (3) development, (4) implementation, dan (5) evaluation. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara, angket, dan tes. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis kualitatif dan kuantitatif. Subjek dalam penelitian ini diantaranya ahli media, ahli materi, praktisi guru, dan siswa kelas V. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Hasil validitas memperoleh rata-rata skor ahli media sebesar 0,97 kualifikasi validitas sangat tinggi, dan rata-rata skor ahli materi sebesar 0,92 dengan kualifikasi validitas sangat tinggi, (2) Hasil tingkat kepraktisan oleh guru sebesar 3,85 dengan kualifikasi sangat tinggi dan tingkat pencapaian kepraktisan oleh siswa sebesar 4 dengan kualifikasi sangat tinggi, (3) Hasil uji efektivitas media video pembelajaran interaktif berbasis website H5P untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis menunjukkan bahwa media memiliki efektivitas yang signifikan dalam meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa. Sehingga, penggunaan media video pembelajaran interaktif berbasis website H5P pada muatan IPA topik cahaya dan sifatnya efektif untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa kelas V Sekolah Dasar.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: video pembelajaran interaktif, IPA, cahaya dan sifatnya, keterampilan berpikir kritis
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Kadek Ananda Pratiwi
Date Deposited: 21 Apr 2025 00:44
Last Modified: 21 Apr 2025 00:44
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/23989

Actions (login required)

View Item View Item