Dewi, Ni Nyoman Ayu Citra (2025) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN PETA SUKU BANGSA BERBASIS KEBERAGAMAN GLOBAL BHINEKA TUNGGAL IKA PADA PELAJARAN IPS UNTUK PESERTA DIDIK KELAS V SD NEGERI 1 PEDUNGAN TAHUN AJARAN 2024/2025. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA.
![]() |
Text (COVER)
2111031407-COVER.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text (ABSTRAK)
2111031407-ABSTRAK.pdf Download (677kB) |
![]() |
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2111031407-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (628kB) |
![]() |
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2111031407-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (620kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2111031407-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2111031407-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 5 PENUTUP)
2111031407-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (597kB) | Request a copy |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2111031407-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (591kB) |
![]() |
Text (LAMPIRAN)
2111031407-LAMPIRAN.pdf Download (10MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan rancang bangun Media Peta Suku Bangsa Berbasis Keberagaman Global Bhineka Tunggal Ika Pada Pelajaran IPS untuk Peserta Didik Kelas V SD Negeri 1 Pedungan Tahun Ajaran 2024/2025, (2) mengetahui kualitas Media Peta Suku Bangsa muatan IPS untuk peserta didik Kelas V SD Negeri 1 Pedungan , (3) mengetahui efektivitas Media Peta Suku Bangsa Berbasis Keberagaman Global Bhineka Tunggal Ika Pada Pelajaran IPS untuk Peserta Didik Kelas V SD Negeri 1 Pedungan. Penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE. Metode pengumpulan data dilaksanakan melalui angket/kuesioner dan metode tes berupa soal pilihan ganda. Hasil penelitian ini menentukan (1) rancang bangun media peta suku bangsa berdasarkan hasil penilaian dari ahli rancang bangun sebesar 90,90% dengan kualifikasi sangat baik, (2) media peta suku bangsa dinyatakan layak berdasarkan hasil penilaian dari ahli isi muatan pelajaran sebesar 95,45% dengan kualifikasi sangat baik, hasil penilaian dari ahli desain media pembelajaran sebesar 91,66% dengan kualifikasi sangat baik, hasil penilaian dari ahli desain media pembelajaran sebesar 95,00% dengan kualifikasi sangat baik, hasil penilaian uji coba perorangan sebessar 93,33% dengan kualifikasi sangat baik, hasil penilaian uji kelompok kecil sebesar 94,22% dengan kualifikasi sangat baik. (3) efektivitas media peta suku bangsa berdasarkan uji-t berkorelasi diperoleh nilai thitung = 4,35 sedangkan nilai ttabel dengan dk = n-1 = 30-1 = 29 pada taraf signifikansi 5% diperoleh sebesar 1,699. Hasil tersebut menunjukan bahwa media peta suku bangsa berbasis Keberagaman Global Bhineka Tunggal Ika efektif diterapkan pada materi keragaman suku bangsa di Indonesia muatan IPS siswa kelas V SD Negeri 1 Pedungan Tahun Ajaran 2024/2025.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata Kunci: pengembangan, peta suku bangsa, Keberagaman Global, IPS |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Ni Nyoman Ayu Citra Dewi |
Date Deposited: | 21 Apr 2025 04:21 |
Last Modified: | 21 Apr 2025 04:21 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/23994 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |