Pengembangan Media Game Edukasi Interaktif Dalam Pembelajaran Metakognitif untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep dan Literasi Sains Siswa Pada Muatan IPAS Kelas V di SD

Suryadi, I Putu Angga (2025) Pengembangan Media Game Edukasi Interaktif Dalam Pembelajaran Metakognitif untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep dan Literasi Sains Siswa Pada Muatan IPAS Kelas V di SD. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
2111031020-COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (ABSTRAK)
2111031020-ABSTRAK.pdf

Download (112kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2111031020-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (249kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2111031020-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (522kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2111031020-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (458kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2111031020-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2111031020-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (261kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2111031020-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (360kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2111031020-LAMPIRAN.pdf

Download (14MB)

Abstract

Tujuan penelitian pengembangan ini yaitu: (1) menghasilkan rancang bangun media game edukasi interaktif, (2) mengkaji validitas media game edukasi interaktif, (3) mengkaji kepraktisan media game edukasi interaktif, (4) mengkaji efektivitas media Game Edukasi Interaktif dalam pembelajaran metakognitif untuk meningkatkan Pemahaman Konsep Pada Materi IPAS Topik Rantai Makanan Kelas V di SD Negeri 3 Kalibukbuk, dan (5) mengkaji efektivitas media Game Edukasi Interaktif dalam pembelajaran metakognitif untuk meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa Pada Materi IPAS Topik Rantai Makanan Kelas V di SD Negeri 3 Kalibukbuk. Penelitian ini menggunakan model ADDIE, yang terdiri dari tahap (1) analyze, (2) design, (3) development, (4) implementation, dan (5) evaluation. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu kuesioner dan tes, dengan teknik analisis data kualitatif dan kuantitatif. Subjek dalam penelitian ini diantaranya ahli media, ahli materi, dan siswa kelas V. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Hasil validitas memperoleh rata-rata skor ahli media sebesar 0,98 kualifikasi validitas tinggi, dan rata-rata skor ahli materi sebesar 0,98 dengan kualifikasi validitas tinggi, (2) Hasil tingkat kepraktisan oleh siswa sebesar 98,02% dengan kualifikasi sangat baik, (3) Hasil uji efektivitas media game edukasi interaktif dinyatakan efektif untuk meningkatkan pemahaman konsep dan literasi sains siswa. Sehingga, penggunaan media game edukasi interaktif dalam pembelajaran metakognitif efektif untuk meningkatkan pemahaman konsep dan literasi sains siswa pada materi IPAS topik rantai makanan kelas V Sekolah Dasar.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: game edukasi interaktif, IPAS, rantai makanan, pemahaman konsep, literasi sains
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: I Putu Angga Suryadi
Date Deposited: 24 Apr 2025 13:02
Last Modified: 24 Apr 2025 13:02
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/24002

Actions (login required)

View Item View Item