PENGEMBANGAN E-LKPD BERBASIS TEORI APOS UNTUK MENINGKATKAN PENALARAN ADAPTIF SISWA KELAS IV SD NEGERI 19 DAUH PURI

Saraswati, Gusti Ayu Hanny Kurnia (2025) PENGEMBANGAN E-LKPD BERBASIS TEORI APOS UNTUK MENINGKATKAN PENALARAN ADAPTIF SISWA KELAS IV SD NEGERI 19 DAUH PURI. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA.

[img] Text (COVER)
2111031453-COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (ABSTRAK)
2111031453-ABSTRAK.pdf

Download (34kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2111031453-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (220kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2111031453-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (280kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2111031453-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (506kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2111031453-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2111031453-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (72kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2111031453-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (305kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2111031453-LAMPIRAN.pdf

Download (12MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui rancang bangun E-LKPD berbasis teori APOS untuk meningkatkan penalaran adaptif siswa kelas IV SD Negeri 19 Dauh Puri. (2) mengetahui kelayakan pengembangan E-LKPD berbasis teori APOS yang ditinjau dari uji isi, uji media, uji desain, uji perorangan, dan uji kelompok kecil pada kelas IV SD Negeri 19 Dauh Puri. (3) serta mengetahui efektivitas E-LKPD berbasis teori APOS untuk meningkatkan penalaran adaptif siswa kelas IV SD Negeri 19 Dauh Puri. Penelitian ini dikembangkan menggunakan model pengembangan ADDIE. Metode pengumpulan data menggunakan tes isiian serta kuisioner dan Teknik analisis data deskriptif kuantitatif dan statistik inferensial. Hasil penelitian adalah (1) Rancang bangun media E-LKPD sangat baik. (2) Kelayakan media E-LKPD menunjukan hasil uji ahli isi sebesar 100% (Sangat Baik), uji ahli desain sebesar 95,8% (Sangat Baik), uji ahli media pembelajaran sebesar 94,4% (Sangat Baik), uji coba perorangan sebesar 93,7% (Sangat Baik), dan uji coba kelompok kecil sebesar 93% (Sangat Baik). (3) Efektivitas E-LKPD berdasarkan hasil uji-t diperoleh thitung = 23,34 untuk db = 29 dan tarif signifikansi 5% = 1,699. Hal ini berarti thitung > ttabel, sehingga H0 ditolak dan H1 diterima. Dengan demikian hasil pene;itian ini menunjukan bahwa media E-LKPD berbasis teori APOS efektif digunakan untuk meningkatkan penalaran adaptif siswa pada materi matematika pola gambar dan pola bilangan pada siswa kelas IV SD Negeri 19 Dauh Puri.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Pengembangan, E-LKPD, APOS
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: I Gusti Ayu Hanny Kurnia Saraswati
Date Deposited: 19 May 2025 01:15
Last Modified: 19 May 2025 01:15
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/24155

Actions (login required)

View Item View Item