PENGEMBANGAN E-MODUL PROJEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA (P5) DENGAN INTEGRASI COMPUTATIONAL THINKING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN NUMERASI SISWA SMP

Budiarta, I Kadek Dwi (2025) PENGEMBANGAN E-MODUL PROJEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA (P5) DENGAN INTEGRASI COMPUTATIONAL THINKING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN NUMERASI SISWA SMP. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
2113011014-COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (ABSTRAK)
2113011014-ABSTRAK.pdf

Download (244kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2113011014-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (327kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2113011014-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (503kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2113011014-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (446kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2113011014-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2113011014-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (229kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2113011014-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (248kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2113011014-LAMPIRAN.pdf

Download (6MB)

Abstract

Rendahnya kemampuan numerasi siswa SMP menunjukkan perlunya media pembelajaran inovatif dan kontekstual. Dalam rangka meningkatkan kemampuan numerasi siswa pada materi transformasi geometri, penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan E-Modul Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) dengan integrasi Computational Thinking. Penelitian ini menerapkan metode Research and Development (R&D) dengan pendekatan pengembangan model ADDIE. E-Modul ini dikembangkan dalam bentuk link berupa web dengan bantuan platform Lumi Education, Canva, Scratch, dan Google Form. Subjek penelitian adalah 33 siswa kelas IX.2 di SMP Negeri 6 Singaraja. E-Modul yang dikembangkan memenuhi karakteristik utama yaitu: belajar mandiri, utuh, berdiri sendiri, adaptif, dan mudah digunakan serta mempunyai karakteristik tambahan meliputi interaktif, kolaboratif, kontekstual, dan memuat aktivitas belajar sambil bermain layaknya menyusun puzzle melalui Scratch, sehingga menjadikan e-modul sesuai dengan pembelajaran berbasis proyek. Uji validitas dilakukan oleh ahli materi dan media menggunakan instrumen Learning Object Review Instrument (LORI), dengan hasil rata-rata skor validitas materi sebesar 4,9 dan media sebesar 4,8125, yang termasuk kategori sangat valid. Uji kepraktisan menggunakan instrumen User Experience Questionnaire (UEQ) menunjukkan rata-rata skor pada aspek daya tarik memperoleh 1,97, kejelasan 2,07, ketepatan 1,99, stimulasi 2,01, dan kebaruan 2,02 semuanya masuk kategori unggul, hanya pada aspek efisiensi yang memperoleh skor 1,86 dengan kategori baik. Hasil uji keefektifan menggunakan uji N-Gain memperoleh skor rata-rata sebesar 0,742 yang termasuk kategori tinggi. Hasilnya, E-Modul P5 dengan integrasi computational thinking yang dikembangkan dinilai valid, praktis, dan efektif untuk meningkatkan kemampuan numerasi siswa SMP.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: model ADDIE, e-modul, pembelajaran proyek, computational thinking, kemampuan numerasi
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Matematika > Program Studi Pendidikan Matematika (S1)
Depositing User: I Kadek Dwi Budiarta
Date Deposited: 24 May 2025 15:03
Last Modified: 24 May 2025 15:03
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/24244

Actions (login required)

View Item View Item