PENGEMBANGAN E-LKPD BERORIENTASI BUDAYA BALI BERBANTUAN GEOGEBRA UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA KELAS IX SMP

Prasanti, Made Cita (2025) PENGEMBANGAN E-LKPD BERORIENTASI BUDAYA BALI BERBANTUAN GEOGEBRA UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA KELAS IX SMP. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
2113011072_COVER.pdf

Download (7MB)
[img] Text (ABSTRAK)
2113011072_ABSTRAK.pdf

Download (7MB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2113011072-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (7MB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2113011072-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2113011072-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2113011072-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2113011072-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2113011072-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (7MB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2113011072-LAMPIRAN.pdf

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan E-LKPD berbantuan GeoGebra yang berorientasi budaya Bali melalui pola kain tenun Gringsing guna meningkatkan pemahaman konsep geometri transformasi bagi siswa kelas IX. Pengembangan E-LKPD menggunakan model ADDIE yang dirancang menggunakan aplikasi iSpring dan Lumi Education. Validitas isi/materi dievaluasi oleh pakar serta dianalisis menggunakan rumus Aiken’s V, penilaian ahli media menggunakan angket LORI, kepraktisan dinilai melalui angket User Experience Questionnaire (UEQ), dan efektivitas diukur melalui Gain ternormalisasi serta penghitungan persentase ketuntasan. Hasil uji validitas isi/materi menunjukan rata-rata nilai V sebesar 0,92 dengan kriteria tinggi. Penilaian ahli media memperoleh nilai rata-rata sebesar 4,94 yang dikategorikan sangat tinggi. Hasil uji coba pada 33 siswa dan satu orang guru menunjukkan bahwa respon guru dan peserta didik pada aspek attractiveness, dependability, stimulation, serta novelty termasuk dalam kategori unggul, sedangkan aspek efficiency dan perspicuity termasuk dalam kategori baik. Kemudian hasil dari keefektifan E-LKPD, yaitu diperoleh skor N-Gain mencapai 0,73 dengan kategori sangat efektif serta persentase ketuntasan pada post-test kemampuan pemahaman konsep sebesar 82% dengan kategori sangat baik. Dengan demikian, E-LKPD yang dikembangkan dinyatakan valid, layak, praktis, dan efektif. Selain meningkatkan pemahaman konsep, bahan ajar ini berkontribusi dalam pelestarian kearifan budaya Bali melalui pembelajaran yang kontekstual dan inovatif.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: E-LKPD, pemahaman konsep, GeoGebra, tenun gringsing, ADDIE
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Matematika > Program Studi Pendidikan Matematika (S1)
Depositing User: Made Cita Prasanti
Date Deposited: 26 May 2025 03:24
Last Modified: 26 May 2025 03:24
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/24271

Actions (login required)

View Item View Item