Marhaeni, Nyoman Putri (2025) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI BERBANTUAN MEDIA MULTIMODAL TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA KELAS VII DI SMP NEGERI 1 KUTA UTARA. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
![]() |
Text (COVER)
2113011010-COVER.pdf Download (624kB) |
![]() |
Text (ABSTRAK)
2113011010-ABSTRAK.pdf Download (29kB) |
![]() |
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2113011010-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (134kB) |
![]() |
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2113011010-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (486kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2113011010-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (515kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2113011010-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (293kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 5 PENUTUP)
2113011010-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (27kB) | Request a copy |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2113011010-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (185kB) |
![]() |
Text (LAMPIRAN)
2113011010-LAMPIRAN.pdf Download (7MB) |
Abstract
Rendahnya kemampuan siswa SMP dalam menyelesaikan masalah matematika menjadi latar belakang penelitian ini. Salah satu pemicu hal tersebut adalah penerapan model pembelajaran yang tidak memperhatikan heterogenitas siswa khsususnya berdasarkan perbedaan gaya belajar siswa. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui apakah kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas VII di SMP Negeri 1 Kuta Utara yang diterapkan model pembelajaran berdiferensiasi berbantuan media multimodal lebih baik dibandingkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang diterapkan model pembelajaran problem-based learning. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi experiment dan menggunakan desain posttest only control group design. Populasi penelitian terdiri atas 435 siswa kelas VII SMP Negeri 1 Kuta Utara dengan sampel penelitian yang dipilih menggunakan teknik cluster random sampling dengan terlebih dahulu melakukan uji kesetaraan terhadap populasi penelitian. Keseluruhan kelas pada populasi penelitian adalah setara sehingga dilakukan pengundian sampel penelitian hingga melibatkan dua kelas yakni kelas VII F (kelas eksperimen) sebanyak 36 siswa dan kelas VII J (kelas kontrol) sebanyak 38 siswa. Instrumen utama penelitian berupa tes kemampuan pemecahan masalah matematika yang telah memenuhi kriteria valid denga skor validitas isi adalah 1,00 dan uji validitas internal butir tes menunjukkan butir soal memiliki signifikansi kurang dari 0,05, serta menunjukkan reliabilitas tinggi dengan nilai Cronbach Alpha sebesar 0,823. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa kelas eksperimen memiliki rata-rata skor posttest sebesar 74,06, sedangkan kelas kontrol memperoleh rata-rata skor sebesar 59,24. Hasil uji hipotesis yang menggunakan independent samples t-test dengan taraf signifikansi 0,05 menunjukkan nilai signifikansi (sig.) sebesar 0,00 yang mana lebih kecil dari 0,05. Berdasarkan temuan tersebut dapat dinyatakan bahwa kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas VII di SMP Negeri 1 Kuta Utara yang mengikuti pembelajaran dengan model pembelajaran berdiferensiasi berbantuan media multimodal lebih baik dibandingkan dengan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang mengikuti pembelajaran dengan model problem-based learning.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | berdiferensiasi, multimodal, kemampuan pemecahan masalah matematika |
Subjects: | L Education > L Education (General) Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Matematika > Program Studi Pendidikan Matematika (S1) |
Depositing User: | NYOMAN PUTRI MARHAENI |
Date Deposited: | 27 May 2025 01:20 |
Last Modified: | 27 May 2025 01:20 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/24289 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |