ANALISIS PENGARUH VARIASI GEAR RATIO “TERHADAP PERFORMANSI SEPEDA MOTOR DENGAN SISTEM TRANSMISI CONTINUOUSLY VARIABLE TRANSMISSION (CVT)”

Arta, Ngurah (2025) ANALISIS PENGARUH VARIASI GEAR RATIO “TERHADAP PERFORMANSI SEPEDA MOTOR DENGAN SISTEM TRANSMISI CONTINUOUSLY VARIABLE TRANSMISSION (CVT)”. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
2115071025_COVER.pdf

Download (475kB)
[img] Text (ABSTRAK)
2115071025-ABSTRAK.pdf

Download (126kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2115071025-PENDAHULUAN.pdf

Download (146kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2115071025-BAB 2 KAJIAN TEOERI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (873kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2115071025-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (579kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2115071025-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASIN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (527kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 KESIMPULAN)
2115071025-BAB 5 KESIMPULAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (37kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2115071025-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (106kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2115071025-LAMPIRAN.pdf

Download (9MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh perubahan gear ratio terhadap performa sepeda motor yang dilengkapi dengan sistem Continuously Variable Transmission (CVT). Penelitian ini dilakukan karena adanya penurunan fungsi sepeda motor yang dilengkapi dengan sistem transmisi CVT. Upaya penelitian ini melibatkan variasi tiga ukuran gear ratio: 14/43 (Variasi 1), 13/44 (Standar), dan 13/46 (Variasi 2). Tujuannya adalah untuk mengkaji peningkatan performa sepeda motor yang dilengkapi dengan sistem transmisi CVT. Penelitian ini merupakan investigasi eksperimental yang akan menguji pengaruh perubahan gear ratio terhadap torsi, daya, dan efisiensi bahan bakar. Pengumpulan data untuk setiap variabel diulang sebanyak 10 kali pada putaran mesin berkisar antara 3000 hingga 5000 rpm. Setelah penelitian, hasil uji torsi puncak dicapai dengan gear ratio 13/46 pada 5,75% saat beroperasi pada 3000 rpm. Selanjutnya, peningkatan daya paling signifikan terjadi pada gear ratio yang sama yaitu 13/46 sebesar 4,89%, dan penurunan konsumsi bahan bakar paling besar terjadi pada gear ratio 13/46 sebesar 0,02% saat dijalankan pada putaran 3500 rpm.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Variasi gear ratio, Transmisi Variabel Kontinu, Performa kendaraan.
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
T Technology > TL Motor vehicles. Aeronautics. Astronautics
Divisions: Fakultas Teknik dan Kejuruan > Jurusan Teknologi Industri > Program Studi Pendidikan Teknik Mesin (S1)
Depositing User: I Gusti Ngurah Arta Wiguna
Date Deposited: 27 May 2025 03:44
Last Modified: 27 May 2025 03:44
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/24291

Actions (login required)

View Item View Item