Wilasita, Putu Kusuma (2025) PENGARUH PEMBERIAN REWARD DAN PUNISHMENT TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA DITINJAU DARI KEDISIPLINAN BELAJAR SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 5 KUTA SELATAN. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
![]() |
Text (COVER)
2013011070-COVER.pdf Download (2MB) |
![]() |
Text (ABSTRAK)
2013011070-ABSTRAK.pdf Download (308kB) |
![]() |
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2013011070-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (296kB) |
![]() |
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2013011070-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (405kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2013011070-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (515kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2013011070-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (431kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 5 PENUTUP)
2013011070-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (267kB) | Request a copy |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2013011070-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (299kB) |
![]() |
Text (LAMPIRAN)
2013011070-LAMPIRAN.pdf Download (5MB) |
Abstract
Penenitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemberian reward dan punishment terhadap hasil belajar matematika ditinjau dari kedisiplinan belajar siswa kelas VIII. Jenis penelitian adalah eksperimen semu (quasi exsperimental) dengan desain post-test only control design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 5 Kuta Selatan Tahun Ajaran 2023/2024 dan sampel dilakukan dengan teknik cluster random sampling, sehingga diperoleh 4 kelas sebagai kelas penelitian. Kelas sampel dibagi menjadi dua, yaitu kelas eksperimen yang diberikan pembelajaran dengan pemberian reward dan punishment, sedangkan kelas kontrol tidak diberikan reward dan punishment. Instrumen yang digunakan meliputi tes hasil belajar dan angket kedisiplinan belajar. Data hasil belajar matematika diperoleh dari hasil post-test berupa soal uraian dengan koefisien reliabilitas sebesar 0.821 dan data kedisiplinan siswa diperoleh dari hasil angket dengan koefisien reliabilitas sebesar 0.855. Sebelum melakukan uji hipotesis, akan dilakukan uji prasyarat terlebih dahulu yaitu uji normalitas dan uji homogenitas. Setelah uji prasyarat terpenuhi dilanjutkan dengan uji hipotesis pertama menggunakan uji t dan diperoleh nilai signifikansi sebesar 0.016 (< 0.05), pada siswa yang memiliki kedisiplinan tinggi dan uji hipotesis kedua menggunakan uji t dan diperoleh nilai signifikansi sebesar 0.019 (< 0.05), pada siswa yang memiliki kedisiplinan rendah. Hal ini mengindikasikan bahwa pemberian reward dan punishment berpengaruh posifif terhadap hasil belajar matematika ditinjau dari kedisiplinan belajar siswa selama proses pembelajaran berlangsung.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pemberian reward dan punishment, hasil belajar matematika, disiplin belajar. |
Subjects: | L Education > L Education (General) Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Matematika > Program Studi Pendidikan Matematika (S1) |
Depositing User: | Putu Kusuma Wilasita |
Date Deposited: | 27 May 2025 01:22 |
Last Modified: | 27 May 2025 01:22 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/24295 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |