Aditya, I Made Dius Wahyu (2025) PENGEMBANGAN AUGMENTED REALITY MARKER BASED PADA MONUMEN PERJUANGAN TANAH ARON KARANGASEM. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
![]() |
Text (COVER)
1915051030-COVER.pdf Download (724kB) |
![]() |
Text (ABSTRAK)
1915051030-ABSTRAK.pdf Download (243kB) |
![]() |
Text (BAB I PENDAHULUAN)
1915051030-BAB I.pdf Download (115kB) |
![]() |
Text (BAB II KAJIAN PUSTAKA DAN LANDASAN TEORI)
1915051030-BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (380kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 3 METODE PENELITIAN)
1915051030-BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN)
1915051030-BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
Text (KESIMPULAN)
1915051030-BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (29kB) | Request a copy |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1915051030-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (158kB) |
![]() |
Text (LAMPIRAN)
1915051030-LAMPIRAN.pdf Download (5MB) |
Abstract
Penelitian ini berfokus pada upaya meningkatkan ketertarikan, kesadaran, dan pemahaman masyarakat terhadap pentingnya pelestarian sejarah, khususnya sejarah yang tertuang dalam Monumen Perjuangan Tanah Aron. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk merancang dan mengembangkan sebuah aplikasi berbasis Augmented Reality (AR) yang memperkenalkan sejarah perjuangan yang terjadi di Tanah Aron. Aplikasi ini menyajikan animasi tiga dimensi yang merekonstruksi peristiwa bersejarah "Perang Besar Tanah Aron" dan menampilkannya dalam bentuk visual AR yang dilengkapi dengan deskripsi teks serta narasi audio guna memperkuat pengalaman pengguna. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan pendekatan model pengembangan MDLC (Multimedia Development Life Cycle), yang mencakup enam tahapan, yaitu: (1) perumusan konsep, (2) perancangan, (3) pengumpulan materi, (4) perakitan, (5) pengujian, dan (6) distribusi. Untuk menjamin kualitas aplikasi yang dikembangkan, dilakukan serangkaian uji kelayakan, termasuk uji ahli materi dan uji ahli media. Hasil dari kedua uji tersebut menunjukkan tingkat kelayakan sebesar 100%. Selain itu, uji tanggapan pengguna yang melibatkan 31 responden dari kalangan pengunjung Monumen Perjuangan Tanah Aron menunjukkan tingkat penerimaan sebesar 92,38%, dengan kategori sangat baik dan respons sangat positif. Berdasarkan hasil tersebut, pengembangan aplikasi AR ini dinilai berhasil dalam menumbuhkan minat, kesadaran, serta wawasan masyarakat, terutama generasi muda, terhadap nilai-nilai sejarah dan perjuangan para pahlawan yang diabadikan dalam Monumen Perjuangan Tanah Aron. Kata kunci: Augmented Reality, Animasi 3 Dimensi, Monumen Perjuagan Tanah Aron, Sejarah, MDLC.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Augmented Reality, Animasi 3 Dimensi, Monumen Perjuagan Tanah Aron, Sejarah, MDLC. |
Subjects: | L Education > LA History of education |
Divisions: | Fakultas Teknik dan Kejuruan > Jurusan Teknik Informatika > Program Studi Pendidikan Teknik Informatika (S1) |
Depositing User: | I Made Dius Wahyu Aditya |
Date Deposited: | 28 May 2025 08:15 |
Last Modified: | 28 May 2025 08:15 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/24298 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |