PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN INTERAKTIF MATERI PELUANG BERBANTUAN CANVA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMP

Mubaarokah, Saffaanah (2025) PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN INTERAKTIF MATERI PELUANG BERBANTUAN CANVA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMP. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
2013011073-COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (ABSTRAK)
2013011073-ABSTRAK.pdf

Download (80kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2013011073-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (6MB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2013011073-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2013011073-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2013011073-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2013011073-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2013011073-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (6MB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2013011073-LAMPIRAN.pdf

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini ditujukan untuk mengetahui karakteristik video pembelajaran interaktif materi peluang berbantuan canva yang telah memenuhi kategori valid, praktis, dan efektif untuk meningkakan kemampuan pemahaman konsep siswa kelas VIII SMP. Penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE. Uji validitas oleh ahli materi dan media menggunakan instrumen LORI, uji kepraktisan mengggunakan instrumen UEQ, dan uji efektivitas dianalisis menggunakan N-Gain score. Penelitian ini sudah menghasilkan video pembelajaran interaktif yang menyediakan fitur latihan soal dan kuis. Hasil validasi menunjukkan bahwa video pembelajaran interaktif teruji sangat valid dengan rata-rata skor 4,45 dari ahli materi dan 4,85 dari ahli media. Hasil uji kepraktisan menyatakan bahwa video pembelajaran interaktif praktis digunakan baik dari aspek daya tarik, kejelasan, efisiensi, stimulasi, ketepatan, dan kebaruan dengan rata-rata skor 2,16 yang memperoleh kategori unggul. Uji efektivitas mendapatkan hasil N-Gain skor sebesar 0,56 yang masuk dalam kategori sedang. Video pembelajaran interaktif materi peluang berbantuan canva memiliki karakteristik video pembelajaran sebagai berikut: a) interaktif; b) umpan balik; c) multimedia; d) pastisipasi aktif; e) kontekstual; f) self-instructional; g) user-friendly.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: video pembelajaran interaktif, canva, pemahaman konsep, karakteristik
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Matematika > Program Studi Pendidikan Matematika (S1)
Depositing User: Saffaanah Mubaarokah
Date Deposited: 27 May 2025 07:03
Last Modified: 27 May 2025 07:03
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/24307

Actions (login required)

View Item View Item