Dewi, I Gusti Ayu Tresna (2025) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS PRINSIP GAGNÉ PADA MATA PELAJARAN INFORMATIKA. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
![]() |
Text (COVER)
2115051002-COVER.pdf Download (439kB) |
![]() |
Text (ABSTRAK)
2115051002-ABSTRAK.pdf Download (235kB) |
![]() |
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2115051002-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (258kB) |
![]() |
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2115051002-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (591kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2115051002-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (808kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2115051002-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 5 PENUTUP)
2115051002-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (191kB) | Request a copy |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2115051002-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (219kB) |
![]() |
Text (LAMPIRAN)
2115051002-LAMPIRAN.pdf Download (2MB) |
Abstract
Algoritma merupakan dasar penting dalam proses pemecahan masalah pada pembelajaran Informatika. Namun, fenomena yang terjadi saat ini menunjukkan bahwa peserta didik mengalami kesulitan dalam memahami konsep algoritma, yang berdampak pada rendahnya tingkat pemahaman dan motivasi belajar. Rendahnya pemahaman ini disebabkan oleh kurangnya variasi media pembelajaran serta belum terintegrasinya langkah-langkah pembelajaran yang terstruktur berbasis prinsip Gagné. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran interaktif berbasis prinsip Gagné pada mata pelajaran Informatika, serta mengetahui respon peserta didik dan guru terhadap media yang dikembangkan. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan model pengembangan Plomp. Media dikembangkan menggunakan perangkat lunak Adobe Captivate dan mengintegrasikan sembilan prinsip Gagné untuk memastikan struktur pembelajaran yang efektif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran interaktif yang dikembangkan sangat valid dengan rata-rata koefisien validasi ahli isi dan ahli media sebesar 1,00. Pengujian efektivitas menggunakan perhitungan N-Gain memperoleh rata-rata sebesar 0,77 dengan kategori “Efektif”. Respon peserta didik dan guru terhadap media, yang diukur menggunakan System Usability Scale (SUS), menunjukkan kualifikasi “Sangat Positif” dan kategori “Sangat Praktis”. Dengan demikian, media pembelajaran interaktif berbasis prinsip Gagné yang dikembangkan dinilai layak, efektif, dan dapat meningkatkan pemahaman serta motivasi belajar peserta didik.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Algoritma, Media Pembelajaran Interaktif, Prinsip Gagné, Informatika, Plomp. |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Teknik dan Kejuruan > Jurusan Teknik Informatika > Program Studi Pendidikan Teknik Informatika (S1) |
Depositing User: | I Gusti Ayu Tresna Dewi |
Date Deposited: | 20 Jun 2025 02:44 |
Last Modified: | 20 Jun 2025 02:44 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/24550 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |