PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS PRINSIP GAGNÉ PADA MATA PELAJARAN INFORMATIKA

Dewi, I Gusti Ayu Tresna (2025) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS PRINSIP GAGNÉ PADA MATA PELAJARAN INFORMATIKA. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
2115051002-COVER.pdf

Download (439kB)
[img] Text (ABSTRAK)
2115051002-ABSTRAK.pdf

Download (235kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2115051002-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (258kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2115051002-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (591kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2115051002-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (808kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2115051002-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2115051002-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (191kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2115051002-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (219kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2115051002-LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)

Abstract

Algoritma merupakan dasar penting dalam proses pemecahan masalah pada pembelajaran Informatika. Namun, fenomena yang terjadi saat ini menunjukkan bahwa peserta didik mengalami kesulitan dalam memahami konsep algoritma, yang berdampak pada rendahnya tingkat pemahaman dan motivasi belajar. Rendahnya pemahaman ini disebabkan oleh kurangnya variasi media pembelajaran serta belum terintegrasinya langkah-langkah pembelajaran yang terstruktur berbasis prinsip Gagné. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran interaktif berbasis prinsip Gagné pada mata pelajaran Informatika, serta mengetahui respon peserta didik dan guru terhadap media yang dikembangkan. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan model pengembangan Plomp. Media dikembangkan menggunakan perangkat lunak Adobe Captivate dan mengintegrasikan sembilan prinsip Gagné untuk memastikan struktur pembelajaran yang efektif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran interaktif yang dikembangkan sangat valid dengan rata-rata koefisien validasi ahli isi dan ahli media sebesar 1,00. Pengujian efektivitas menggunakan perhitungan N-Gain memperoleh rata-rata sebesar 0,77 dengan kategori “Efektif”. Respon peserta didik dan guru terhadap media, yang diukur menggunakan System Usability Scale (SUS), menunjukkan kualifikasi “Sangat Positif” dan kategori “Sangat Praktis”. Dengan demikian, media pembelajaran interaktif berbasis prinsip Gagné yang dikembangkan dinilai layak, efektif, dan dapat meningkatkan pemahaman serta motivasi belajar peserta didik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Algoritma, Media Pembelajaran Interaktif, Prinsip Gagné, Informatika, Plomp.
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Teknik dan Kejuruan > Jurusan Teknik Informatika > Program Studi Pendidikan Teknik Informatika (S1)
Depositing User: I Gusti Ayu Tresna Dewi
Date Deposited: 20 Jun 2025 02:44
Last Modified: 20 Jun 2025 02:44
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/24550

Actions (login required)

View Item View Item