Sudira, Putu Jessie Ardi (2025) PENGEMBANGAN MEDIA TRUTH OR DARE BERBASIS GAME LEARNING DALAM MATA PELAJARAN IPAS MATERI DAERAHKU KEBANGGAANKU PADA SISWA KELAS V SDN 2 JIMBARAN TAHUN AJARAN 2024/2025. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA.
![]() |
Text (COVER)
2111031277-COVER.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text (ABSTRAK)
2111031277-ABSTRAK.pdf Download (250kB) |
![]() |
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2111031277-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (414kB) |
![]() |
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2111031277-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (424kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2111031277-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (887kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2111031277-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 5 PENUTUP)
2111031277-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (562kB) | Request a copy |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2111031277-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (395kB) |
![]() |
Text (LAMPIRAN)
2111031277-LAMPIRAN.pdf Download (9MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk (1) untuk mendeskripsikan rancang bangun media pembelajaran truth or dare berbasis game learning dalam mata pelajaran IPAS materi daerahku kebangganku pada siswa kelas V SDN 2 Jimbaran, (2) untuk mengetahui kelayakan media pembelajaran truth or dare berbasis game learning dalam mata pelajaran IPAS materi daerahku kebangganku pada siswa kelas V SDN 2 Jimbaran, dan (3) untuk mengetahui efektivitas media pembelajaran truth or dare berbasis game learning dalam mata pelajaran IPAS materi daerahku kebangganku pada siswa kelas V SDN 2 Jimbaran. Penelitian pengembangan ini menggunakan model pengembangan ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, Evaluation). Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode kuesioner dan tes. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif kuantitatif dan analisis statistik inferensial uji-t. Hasil penelitian pengembangan ini menunjukkan bahwa: (1) hasil uji rancang bangun memperoleh skor 93% dengan kualifikasi sangat baik, (2) kelayakan media pembelajaran truth or dare berbasis game learning berdasarkan hasil uji materi pembelajaran memperoleh skor 91%, hasil uji desain pembelajaran memperoleh skor 92%, hasil uji media pembelajaran memperoleh skor 95%, uji perorangan memperoleh skor 96%, dan uji kelompok kecil memperoleh skor 96% dengan keseluruhan persentase skor berada pada kualifikasi sangat baik, serta (3) hasil uji efektivitas produk memperoleh t-hitung = 8,823 > t-tabel = 2,064 pada taraf signifikansi 5% untuk dk = 24 sehingga H0 ditolak dan H1 diterima, yang artinya terdapat perbedaan yang signifikan sebelum dan sesudah menggunakan media pembelajaran truth or dare berbasis game learning. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa produk media pembelajaran truth or dare berbasis game learning layak dan efektif diterapkan dalam pembelajaran materi daerahku kebangganku mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS) kelas V SDN 2 Jimbaran.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata Kunci: ADDIE, Media Pembelajaran Truth or Dare, Game Learning, IPAS, Daerahku Kebangganku |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Putu Jessie Ardi Sudira |
Date Deposited: | 23 Jun 2025 06:19 |
Last Modified: | 23 Jun 2025 06:19 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/24681 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |